BESTTANGSEL.COM, Mauk – Air bersih dan sanitasi buruk masih menjadi permasalahan dibeberapa wilayah  di Indonesia, hal ini melatar belakangi PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group), bekerjasama dengan Habitat for HumanityIndonesia membuat program WASH (Water Sanitation HERO) sebagai bentuk kepedulian HERO Group terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Program yang juga diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Air Sedunia ini, secara resmi diluncurkan pada 6 April 2017 di Kampung Tegal Desa Kedung Dalam, Kecamatan Mauk, Tangerang, bersamaan dengan serah terima fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang dibangun oleh Hero Group di  Desa tersebut.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh  Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Stephane Deutsch, dihadapan jajaran manajemen HERO Group dan masyarakat yang hadir. Dalam kesempatan tersebut, Stephane Deutsch melakukan  goresan gambar pada dinding MCK baru sebagai tanda dimulainya program WASH.

Sebanyak tiga ruang toilet yang diklarifikasi untuk pria, wanita dan lansia dibangun di atas tanah berukuran 7X8 meter persegi. Di lokasi tersebut juga disediakan tempat mencuci untuk melengkapi fasilitas sanitasi yang diberikan  kepada masyarakat.

“Sebagai pelopor retail di Indonesia, HERO Group ingin mengambil bagian dalam membawa perubahan baik bagimasyarakat, terlebih masalah kebersihan dan sanitasi ini masih memprihatinkan di beberapa wilayah,” jelasnya.

Program WASH inimerupakan bentuk dukungan HERO Group terhadap langkah pemerintah dalam mencapai salah satu target tujuan ke 6 dari Sustainable Development Goals (SDGs) menuju tahun 2030 yaitu mencapai akses terhadap sanitasi dan kebersihan yang memadai dan merata bagi semua.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk berubah perilaku dengan menghentikan praktik buang air besar di tempat terbuka dan mencuci di sungai, melalui dukungan fasilitas yang diberikan,” ungkap Stephane Deutsch.

Dalam kesempatan itu, HERO Group juga melakukan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis bagi warga Mauk yang didukungoleh salah satu unit bisnis HERO Group, Guardian yang berfokus pada bidang kesehatan dan kecantikan. Lebih dari 200 warga mengikuti rangkaian pemeriksaan dan pengobatan gratis tersebut.

 

Teks : Ashri

Foto : Ashri