BESTTANGSEL.COM, Tanggerang Selatan-Hal yang paling menyebalkan setelah jerawat tentu saja adalah bekas jerawat itu sendiri. Kata orang bekas jerawat itu muncul akibat memencet jerawat, faktanya jerawat yang nggak dipencet pun bisa menimbulkan bekas. Sedihnya lagi, bekas jerawat ini bakal bertahan terus meski jerawatnya sudah sembuh.

Umumnya, bekas jerawat dibagi menjadi dua kategori, yaitu yang disebabkan oleh hilangnya jaringan (atrofi) dan yang disebabkan oleh kelebihan jaringan (hipertrofi). Info pentingnya adalah, bekas jerawat nggak cuma berbentuk bopeng saja, tapi dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahkan warna. Setiap jenisnya punya metode penyembuhan yang beda-beda juga. Cek dulu nih, punyamu yang mana.

1. Rolling scar, bekas jerawat dengan tekstur kulit yang bergelombang karena jerawat yang meradang dalam waktu lama

Bekas jerawat ini muncul karena jerawat yang meradang dalam waktu lama dan dibiarkan begitu saja, sehingga terjadi kerusakan di bawah permukaan kulit. Bentuknya parutan yang dangkal, lebar, dan bergelombang, kalau disentuh punya dasaran yang keras. Bekas jerawat jenis ini akan semakin terlihat jelas seiring bertambahnya usia karena kulit sudah kehilangan kekencangan dan elastisitas.

Cara mengatasinya:

Kamu bisa melakukan perawatan seperti laser resurfacing baik ablasi atau non ablasi untuk meratakan permukaan kulit. Selain itu, facial filler, chemical peeling, mikrodermabrasi dan terapi cahaya infra merah juga bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi rolling scar.

2. Boxcar scar, bentuknya bundar dan oval dan punya dasar yang lebar. Mirip dengan bekas yang ditimbulkan karena cacar air

Luka ini punya tepi vertikal yang tajam dan terpancang jelas sehingga penampakannya mirip huruf “U” pada kulit. Dasarnya lebar dan bisa jadi dangkal atau pun dalam. Karena tepiannya yang curam, bekas ini lebih sulit untuk dihaluskan karena jerawat menghancurkan kolagen dan menghilangkan jaringan kulit. Akibatnya, area kulit pada bagian ini nggak punya tumpuan dan masuk ke arah dalam.

Cara mengatasinya:

Boxed scar bisa diatasi dengan perawatan laser resurfacing, micro needling, dermal filler, peeling, hingga punch out excision.

3. Ice pick scar, bentuknya mirip lubang yang dalam dan sempit. Termasuk yang paling susah dihilangkan nih!

Tergolong bekas jerawat yang sangat dalam bahkan hingga mencapai lapisan dermis. Biasanya disebabkan karena cystic acid, salah satu jenis jerawat dengan peradangan hebat yang

 

Sumber: hipwee

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.