BESTTANGSEL.COM, Waingapu –  Jutaan hama belalang masuk ke dalam kawasan Bandar Udara Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebelumnya diketahui hama serangga tersebut pernah menyerang wilayah itu sejak tahun 2016.

“Iya belalang sempat berada di bandara pada, Sabtu 10 Juni 2017 kemarin, tapi tidak lama, karena setelah itu hama tersebut terbang lagi dan masuk kota,” kata Bupati Sumba Timur, Gidion Mbiliyora seperti yang dikutip dari Kompas.com, Senin 12 Juni 2017 pagi.

Menurut Gidion, hama belalang sudah menyerang sejumlah wilayah di Sumba Timur sejak tahun 2016 lalu, dan selama ini sebagian besar berada di padang dan pepohonan yang besar.

Namun Gidion melanjutkan, hanya enam kecamatan paling banyak terkena dampak hama belalang yakni Kecamatan Pahunga Lodu, Rindi, Umalulu, Kambata Mapambuhang, Pandawai dan Kambera.

Menurut Gidion dampaknya bagi warga yang tanamannya sempat terkena langsung hama belalang tentu kehilangan hasil produksi padi atau jagung, tapi karena mayoritas sudah panen, sehingga tidak terlalu terasa dampaknya.

“Saat ini hanya bisa lakukan penyemprotan untuk belalang yang masih kecil, sedangkan yang terbang sangat sulit diprediksi hinggap di wilayah mana saja. Kita sudah bagikan juga beras cadangan dari pemerintah sebanyak 100 ton,” ucapnya.

 

BR/BS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.