BESTTANGSEL.COM, Tangerang – Meningkatkan pengetahuan masyarakat akan bahayanya kolesterol jahat dalam darah, Siloam Hospitals Lippo Village Tangerang menggelar seminar awam “Kupas Tuntas Masalah Kolesterol Tinggi.” Meski di bulan Ramadan, acara yang diadakan pada Sabtu, 10 Juni 2017 tersebut, tetep antusias diikuti oleh masyarakat Tangerang Raya dan sekitarnya.

Hadir sebagai pembicara Dr. dr. Antonia Anna Lukito, SpJP, dan Spesialis penyakit dalam dr. Mozes LJ Silaban, SpPD. Kedua pembicara mengemukakan topik yang mengajak masyarakat untuk jaga-jaga dengan kondisi dan kadar kolesterol darahnya.

“Masyarakat awam mengetahui bahwa ada dua jenis kolesterol dalam kandungan darah kita, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol yang jahat (LDL). Kadar kolesterol LDL tinggi (hiperkolesterolemia) adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah lebih tinggi dari normal yang dibutuhkan tubuh. Kelebihan kadar kolesterol jahat ini, bisa berakibat negatif bagi penderitanya di antaranya tersumbatnya aliran darah ke jantung,” tutur Dr. dr. Antonia Anna Lukito, SpJP.

Antonia juga mengatakan bahwa penyakit kolesterol umumnya tidak bergejala, tetapi sangat berbahaya. “Untuk penderita akut biasanya pada kelopak mata ada daging atau gumpalan lemak berwarna kuning seperti jengger ayam. Jika sudah begini penderita harus menjaga pola makan dan sering memeriksakan diri ke dokter,” jelas Antonia.

Tentang penanganan pasien kolesterol, Dr. Jeffry Oeswadi, MARS, Vice Chief Executive Officer Siloam Hospitals Lippo Village mengatakan, “Laboratorium kami di poli klinik rawat jalan buka setiap hari kerja, sejak jam 07.00 pagi. Khusus untuk Anda yang ingin kontrol rutin, datanglah lebih pagi, lebih nyaman. Hasil bisa di e-mail atau diambil kembali beberapa jam kemudian.” ujar Jeffrey.

Beliau berharap melalui acara ini maka informasi mengenai pentingnya kontrol kolesterol darah akan meningkat.

Tidak hanya mengedukasi Siloam Hospitals juga membagikan 50 voucher pemeriksaaan kolesterol gratis bagi peserta yang diundi pada saat penutupan acara. Setiap voucher senilai Rp.350,000 untuk pemeriksaan kolesterol, asam urat, Peserta yang menerima voucher sebagai doorprize mengatakan bahwa voucher ini membantu mereka untuk lebih aktif memeriksa kolesterol darah.

 

Ashri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.