BESTTANGSEL.COM, DEPOK- Mengkampanyekan pentingnya Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi dan anak hingga 2 tahun, Brawijaya Hospital Bojongsari Sawangan Depok menggelar seminar awam bagi orang tua. Seminar yang diikuti lebih dari 30 ibu hamil dan menyusui, juga para ayah itu, menghadirkan dr. Nadine Shakina Tabit, Sp.A, M.Kes., dan dr. Anita Juniatiningsih Sp.A., Sabtu (20/07/2019).

Dalam presentasinya, dr. Nadine menjelaskan apa itu ASI serta bagaimana para ibu bisa menghasilkan ASI yang baik untuk sang buah hati.

“ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan selama 6 bulan setelah bayi dilahirkan, tanpa ada tambahan makanan ataupun minuman lain, kecuali vitamin dan obat-obatan,” jelas
dr. Nadine.

(duduk dari kiri ke kanan): dr. Nadine Shakina Tabit, Sp.A, M.Kes., dan dr. Anita Juniatiningsih Sp.A.

Menurut dr. Nadine, calon ibu harus sudah mempersiapkan diri untuk menyusui, di antaranya dengan mempelajari cara menyusui dengan baik dan benar. “ASI adalah makanan terbaik bagi bayi dan anak hingga 2 tahun. Untuk itu, seorang ibu harus bisa menjaga produksi ASI nya dengan optimal di antaranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, dan senantiasa berpikir positif bahwa dia bisa menyusui dengan baik,” papar dr. Nadine.

Bayi yang berkecukupan ASI sangat mudah dikenali. “Ciri-cirinya, bayi tersebut tidur pulas, pipis atau buang air kecilnya banyak dan sering, serta berat badannya naik terus,” ujar dr. Anita Juniatiningsih menambahkan.

Seminar laktasi yang berlangsung selama lebih kurang 3 jam tersebut, cukup menarik perhatian para orang tua yang hadir. Bahkan para orang tua khususnya kaum ibu tak segan melontarkan pertanyaan dengan antusias kepada para nara sumber.

“Semoga setelah mengikuti seminar ini, para ibu bisa semakin percaya diri untuk memberikan ASI terbaiknya kepada buah hatinya,” tutup aktor lawas Dony Kusuma, selaku pemandu acara.

Tentang RSIA Brawijaya Sawangan Depok

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Brawijaya Bojongsari Sawangan Depok merupakan rumah sakit yang fokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Saat ini RSIA Brawijaya Bojongsari Sawangan Depok telah memiliki fasilitas layanan Kesehatan Anak, Penyakit Dalam, Bedah Umum, Dental Center, Dermatologi, THT, Mata, Neurologi, IGD, Radiologi, USG 2D/4D, Laboratorium, Farmasi, Fisioterapi, Rawat Inap, Critical Care (ICU, PICU, NICU, dan Intermediate) dan Klinik Laktasi bagi tumbuh kembang anak.

“Tidak hanya fasilitas yang sangat mumpuni, kami juga didukung oleh tenaga-tenaga medis terbaik yang akan memberikan pelayanan maksimal,” tutur Drg. Hestiningsih, SE, MARS, Direktur RSIA Brawijaya Bojongsari Sawangan Depok.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.