BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Pameran Automotif terbesar di Indonesia yaitu Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) yang ke 26 kembali digelar di ICE BSD City, Kab. Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018).

Dalam acara tersbut, turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo sekaligus membuka secara resmi Pameran Automotif terbesar di Indonesia tersebut.

Presiden Joko Widodo mengatakan, sektor perindustrian khususnya sektor Otomotif sudah menjadi persaingan global dan saat ini sudah memasuki negara tetangga dan sebentar lagi akan masuk dalam ke Indonesia.

“Fenomena mobil listrik yang dimulai dari Tesla dan dunia akan semakin beralih ke mobil listrik. Negara Prancis dan Inggris sudah mulai memberlakukan mobil listrik dan negara Tiongkok sudah berupaya menjadi negara terdepan yang akan melakukan produksi mobil listrik,” terang Presiden.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menuturkan tentang Pameran GIIAS yang termasuk dalam kelompok pameran dunia yang mengambil thema Beyond Mobility.

“Industri otomotif merupakan salah satu andalan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Produksi telah meningkat sejak tahun 2017 dan peningkatan ekspor sekitar 20 persen. Pada tahun 2025 ditargetkan 20 persen kendaraan yang diproduksi adalah kendaraan listrik dalam rangka penghematan energi di Indonesia,” paparnya.

Selain kendaraan listrik, diberbagai negara maju juga sedang dikembangkan kendaraan otonom. Dimana kendaraan ini dapat berjalan sendiri tanpa supir dan untuk ujicoba digunakan untuk mengantarkan barang dan selanjutnya akan dijadikan untuk kendraan mengangkut penumpang.

“Selain itu saat ini juga sedang berkembang Aplikasi transportasi online dari sebuah produk menjadi sebuah jasa yang siap mengantarkan penumpang sesuai dengan tujuan sesuai dengan aplikasi,” ucapnya lagi.

Presiden juga menyambut dengan baik di keluarkannya Alat Mekanis Multiguna Pedesaan yang diresmikan penggunaannya hari ini.

“Diharapkan Ammdes dapat memberikan inovasi baru kepada para petani di pedesaan,” harap Jokowi.

Setelah memberikan arahan, Presiden RI didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melakukan penekanan tombol sebagai tanda Peresmian Pameran GIIAS yang ke 26 tahun 2018 dan mulai dioperasikannya kendaraan Ammdes.

Sementara itu Dalam kesempatan peresmian tersebut Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, Pameran GIIAS merupakan pameran yang ke 26 yang menampilkan kemajuan teknologi yang selalu ditunggu kehadirannya dalam dunia otomotif.

“Produksi otomotif terus berevolusi dengan tujuan menempatkan Indonesia sebagai industri otomotif yang sejajar di dunia,” kata Yohannes Nangoi.

Ditambahkannya, GIIAS merupakan pameran otomotif dengan thema Beyond Mobility dengan rencana peluncuran 40 kendaraan baru dan kendaraan konsep.

“Kami siap mendukung implementasi bio diesel B20 dalam rangka menghemat devisa negara yang akan berdampak peningkatan perekonomian Indonesia,” pungkasnya.

 

BR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.