BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Sebanyak 23 peserta pelatihan teknik pengelolaan pasar yang berasal dari Kabupaten Jayapura – Papua, berkunjung ke Pasar Modern BSD City, Tangerang Selatan. Kunjungan yang dilakukan pada hari ini, Selasa 24 April 2018, bertujuan untuk melihat secara langsung pasar tradisional yang dikelola secara modern.

Kunjungan disambut hangat oleh Managemen Pasar Modern BSD City. Secara rinci pengelola Pasar Modern menjelaskan informasi mengenai pengelolaan pasar, seperti penataan barang dagangan secara efektif dan efisien, kebersihan, keamanan dan ketertiban pasar, serta pengawasan terhadap bahan makanan dari zat-zat berbahaya.

Peserta studi banding tampak antusias bertanya tentang pengelolaan Pasar Modern BSD City kepada Pengelola Pasar Modern, Selasa (24/04).

“Pasar Modern BSD City telah menjadi pasar percontohan di Indonesia. Kami datang dalam rangka studi banding, dan mempelajari pengelolaan Pasar Modern. Kami berharap bisa menerapkan pengelolaan serupa di pasar-pasar tradisional di Jayapura Papua,” tutur salah seorang dari rombongan.

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004,  diatas lahan seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan untuk mengangkat status Pasar Tradisional yang semula kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih. Keberadaan Pasar Modern BSD City telah mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM) di Tangerang Selatan. Pasar Modern BSD City kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

Selain Pasar Modern BSD City yang sudah 13 tahun beroperasi, BSD juga telah menyiapkan Pasar Modern BSD City 2 di kawasan Intermoda BSD City yang mampu menampung sekitar 800 UMKM. Selain itu, Sinar Mas Land juga telah membagi 2 pasar tradisional lainnya di Grand Wisata dan di Kota Wisata. Total UMKM yang telah dibina oleh Sinar Mas Land sebanyak 3000 pedagang kelas UMKM.

 

Asri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.