BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan membeberkan pencapaian BATAN selama 2015-2019. Hal tersebut dikatakannya, saat peringatan hari jadi BATAN ke-61, di Puspiptek Serpong, pada hari ini Selasa (10/12/2019).

“BATAN sudah banyak meraih pencapaian, seperti di bidang pertanian dalam lima tahun ini sudah menghasilkan satu varietas pisang, lima varietas padi, satu varietas kacang tanah dan dua varietas kedelai. Di bidang kesehatan BATAN sudah menghasilkan obat valiatif penahan nyeri bagi penderita kanker, melalui radio farmaka,” papar Anhar.

“Selain itu, BATAN juga sudah membangun iradiator merah putih, yang sudah memberikan jasa layanan jada pengawetan makanan terutama rempah, pada lebih 60 perusahaan dengan penerimaan PNBP untuk tahun 2019 hingga hari ini Rp3,5 miliar,” imbuh Anhar.

Anhar menyatakan bahwa pengembangan IPTEK Nuklir tidak hanya berkontribusi di bidang kesehatan, industri, pangan saja, akan tetapi juga pada pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi.

Sementara itu, hadir dalam kegiatan HUT BATAN ke-61 tahun, Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengatakan bahwa Pemkot Tangsel akan terus menjalin kerjasama pengembangan teknologi dengan BATAN.

“Teknologi pertanian yang telah dikembangkan BATAN, di antaranya dengan menghasilkan bibit Pohon Pepaya unggulan, tentunya ini sangat baik untuk dibudidayakan bagi petani atau masyarakat Tangsel. Ke depan kami akan lebih banyak mengirimkan pelajar-pelajar di Tangsel untuk melakukan studi dan penelitian di bidang teknologi di BATAN,” pungkas Ben. (asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.