BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Sebagai wujud dari kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya, maka Mahasiswa S1 Universitas Pamulang Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Pendidikan Agama Islam melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM dilaksanakan pada hari Minggu, 26 November 2023, di Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani yang beralamatkan Jl. Ikhsan, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 10 orang mahasiswa aktif Universitas Pamulang yaitu; Shasya Alifia Mulya, Adi Pratama Hamidi, Bagas Bondan Prakoso, Fauziyah Azzahra, Latifah, Meutia, Muhamad Yusuf, Naufal Nizar Washif dan Rido Alamsyah di bawah bimbingan Ibu Najikha Akhyati S.Sy., M. H. Edukasi dilakukan terhadap santri atau peserta didik dari Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani dengan tema “Pelatihan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda”.

Materi yang disampaikan antara lain mengenai pengembangan produk usaha dan strategi pasar. Pengembangan produk adalah upaya perusahaan meningkatkan nilai produk melalui inovasi atau peningkatan manfaat. Langkah awal kegiatan melibatkan identifikasi tujuan produk, seperti menyelesaikan masalah atau meningkatkan proses. Selain itu disampaikan pula strategi pasar, seperti perluasan wilayah atau menarik pelanggan dari pesaing. Untuk membuat atau mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, ada beberapa strategi dan tahapan yang perlu diperhatikan.

“Berikut adalah beberapa contoh strategi pengembangan produk yang dapat membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pasar yaitu meningkatkan produk yang sudah ada, meningkatkan nilai produk, percobaan, dan spesialisasi dan penyesuaian”. Ujar pemateri.

Peserta pelatihan sangat antusias dan melemparkan berbagai pertanyaan seputar materi yang diberikan. Terlihat minat santri untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan, sebagai wujud kemandirian secara ekonomi. Produk keripik singkong yang ditampilkan pemateri dengan kemasan yang lebih baik, menambah nilai ekonomis dari produk yang sederhana ini. Harapan kedepan, santri akan berani berinovasi mengambangkan berbagai produk-produk UMKM lainnya. Kegiatan ditutup dengan penyerahan souvenir dan kenang-kenangan yang diberikan kepada Pimpinan yayasan yaitu bapak As’ad S.Th.I., M.Pd dan jajaran beserta santrinya. (red/*)

Leave a Reply