BESTTANGSEL.COM, PAMULANG-Berbagi pengetahuan kepada masyarakat luas, mahasiswa-mahasiswi Program Studi D-III Sekretari Universitas Pamulang meluncurkan program “Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)”. Kegiatan perdana PKM dimulai pada, Senin, 28 September 2020, dengan sasaran pengajaran pada siswa-siswi SMK Islam Al-Fajar Kedaung Tangerang Selatan. Kali ini PKM mengangkat tema  Etika Dan Pengembangan Diri Dalam Pergaulan Remaja”.

Lebih dari 35 siswa-siswi SMK Islam Al-Fajar Kedaung, mengikuti edukasi program PKM mahasiswa-mahasiswi Program Studi D-III Sekretari Universitas Pamulang, dengan antusias. Kegiatan ini dilakukan untuk membuka mindset siswa-siswi agar dapat mencerminkan etika yang baik dalam pergaulan remaja guna menjadi pribadi yang lebih baik serta dapat mengembangkan diri, yaitu menuangkan ide-ide kreatifnya dan mengubah pola pikir seseorang menjadi lebih maju.

Dosen Prodi D-III Sekretari Universitas Pamulang, Katry Anggraini, S.Sos.,M.I.Kom., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi  D-III Sekretari Universitas Pamulang pada Siswa SMK islam Al-Fajar Kedaung Tangsel, guna untuk memberikan pengetahuan dalam beretika dan pengembangan diri di pergaulan remaja. Tentunya ini adalah sesuatu yang sangat positif, dan perlu mendapat dukungan semua pihak, baik pihak kampus ataupun sekolah-sekolah yang menjadi sasaran edukasi,” ucap Katry.

Dalam kesempatan itu, Wali Kelas XIIAP SMK Islam Al-fajar, Mali Sanyoto, S.Pd., menyampaikan, perlunya etika dan pengembangan diri pada remaja agar siswa-siswi dapat menentukan pilihan yang baik untuk dirinya dan lingkungan sekitar.

Para mahasiswa-mahaiswi yang terlibat dalam kegiatan PKM kali itu, menjelaskan beberapa hal penting dalam etika dan pengembangan diri yaitu bersifat ramah, serta tolong menolong pada orang lain, serta tidak bersikap individualisme.

Namun, menurut para mahsiswa, etika dan pengembangan diri dalam pergaulan remaja juga memiliki hambatan yaitu individu kurang adanya motivasi sehingga tidak memiliki tujuan hidup, Seorang Individu terkadang salah dalam memilih pergaulan dikarenakan ruang lingkup yang tidak baik selanjutnya Manfaat etika dan pengembangan diri dalam pergaulan remaja yaitu menciptakan sikap yang disiplin dan dapat dipercaya oleh banyak orang.

Sesi Tanya jawab dan quis dengan hadiah menarik dari Universitas Pamulang bagi para peserta PKM, menjadi acara puncak sekaligus menutup kegiatan PKM di SMK Islam Al-fajar Kedaung Tangsel.  (ami)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.