BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan wajib terus diwujudkan meskipun saat ini terkendala pandemi Covid-19. Pendidikan menjadi salah satu bidang terdampak secara signifikan dengan diberhentikannya kunjungan fisik ke sekolah. Kebijakan pembelajaran dengan metode daring juga menuai pro dan kontra di tengah masyarakat.

Regulator bersama para pendidik, orang tua, dan siswa sampai saat ini masih menyesuaikan diri sambil mencari model pembelajaran yang tepat dan memungkinkan untuk diterapkan pada masa-masa seperti sekarang. Untuk itu, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menyelenggarakan acara talk show Pendidikan dengan tema “Pembelajaran di Masa Pandemi”. Acara ini berlangsung di Pasar Modern Intermoda BSD City, Kamis (10/12) dan dihadiri oleh para pendidik dan masyarakat umum dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Sejumlah praktisi pendidikan turut berbagi pengalaman dan solusi dalam menyiasati pembelajaran di masa pandemi pada talk show itu. Pengawas Madrasah Kabupaten Tangerang Dr Girmono MA menjelaskan tentang metode pembelajaran sebelum dan sesudah pandemi.

Guru SMPN 20 Tangsel Heny Khristiani, S.Si., M.Pd. menyampaikan materi pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Praktisi pendidikan dan penggiat kesehatan jiwa Sylvia Adriana mengangkat soal kesehatan jiwa untuk para guru, orangtua dan siswa. Kepala Sekolah SDN Saga 6 Kabupaten Tangerang Retno Pratiwi, M.Pd. membahas mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Kepala Sekolah SDN Panongan 3 Kabupaten Tangerang Supendi, S.Pd. memaparkan tentang kewirausahaan, kreativitas, dan produktivitas anak.

Kepala CSR BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP, menuturkan bahwa kegiatan yang menjadi bagian dari pengembangan Program CSR Bina Sekolah itu merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam menunjukkan kepedulian pada perkembangan dan kemajuan pendidikan.

“Program pendidikan merupakan salah satu pilar dalam pengembangan kegiatan CSR kami, selain bidang ekonomi dan lingkungan. Dalam bidang pendidikan, Sinar Mas Land konsisten membina dan mendampingi sejumlah sekolah di sekitar pengembangan proyek perkotaan BSD City, khususnya di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan dalam menghadapi kendala belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Berbagai kegiatan edukasi dan pelatihan telah dilaksanakan demi meningkatkan mutu dan kualitas para pendidik maupun siswa. Meskipun selama masa pandemi, Sinar Mas Land tetap mengupayakan kegiatan CSR dapat terlaksana dan diakses oleh para pendidik serta siswa.

Pada 2021, Sinar Mas Land akan menyelenggarakan program baru sebagai bagian dari pembinaan sekolah, yaitu Sekolah Berhati atau berkarakter, hijau, sehat, dan inovatif. Program ini akan dilakukan secara berkelanjutan, melalui rangkaian pembinaan seperti pembelajaran, pelatihan, dan pendampingan bagi para pendidik, orangtua, dan para murid.  Harapan Sinar Mas Land, melalui program dan kegiatan CSR tersebut dapat membantu pendidikan bangsa, khususnya perkembangan pendidikan di wilayah Tangerang dan sekitarnya. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.