BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – Sektor pendidikan tinggi Belanda menyediakan lingkungan belajar yang sangat berorientasi internasional. Tak heran jika menjadi incaran para calon mahasiswa di berbagai negara, tidak terkecuali mahasiswa Indonesia.

Peter Van Tuijl Direktur Nuffic Neso Indonesia, saat membuka pameran pendidikan tinggi di Belanda “Duch Placement Day (DPD)” hari ini, (9/11) di Jakarta mengatakan, “Kami senang menyambut siswa dari semua budaya dan agama. Anda akan bergabung dengan komunitas staf dan mahasiswa yang dinamis dan beragam. Orientasi internasional yang kuat dari ekonomi dan masyarakat Belanda menjelaskan mengapa Belanda adalah negara pertama di benua Eropa yang menawarkan program studi berbahasa Inggris dan gelar yang diakui dunia.”

Beliau menambahkan, “Pendidikan tinggi di Belanda memiliki kualitas tinggi dan telah berhasil mempertahankan reputasi di tingkat dunia. Sembilan universitas riset Belanda berada di 200 besar the World University rankings dan Belanda menduduki peringkat 4 terbaik dalam kualitas pendidikan secara umum. Sungguh merupakan pencapaian yang besar bagi sebuah negara kecil.”

Peter juga menegaskan bahwa,”Tak perlu repot mempersiapkan belajar Bahasa Belanda secara khusus untuk studi di Belanda, karena telah ditawarkan lebih dari 2,100 program studi internasional yang pengajaran sepenuhnya dilaksanakan dalam bahasa Inggris. Calon mahasiswa hanya perlu memenuhi kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan ujian IELTS atau TOEFL. Lebih dari 90% masyarakat Belanda pun mampu berbahasa Inggris sehingga para pelajar tidak kesulitan dalam kehidupan sehari-hari.”

Menurutnya, kualitas pendidikan di Belanda sudah merata dan diakui dunia. Hal ini terbukti dengan lebih dari 112,000 mahasiswa internasional menempuh salah satu dari 2,100 program studi internasional yang tersedia di Belanda pada tahun akademik 2017-18. Sebanyak 164 negara yang berbeda tercerminkan dalam angka keseluruhan mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan di institusi pendidikan tinggi Belanda.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.