dr. Indra MARS.,(tengah) Direktur Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong, dan dr. Novi Handoko (kanan), Penanggungjawab Unit Rawat Jalan Bernadette's Clinic Woman and Child Centre, melakukan pengguntingan pita meresmikan Bernadette's Clinic Woman and Child Centre, (15/06).

BESTTANGSEL.COM, SERPONG- Meningkatkan pelayanan kepada pasien wanita dan anak-anak, Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong hari ini membuka secara resmi Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre, Rabu (15/06/2022). Gedung baru yang khusus melayani pasien wanita dan anak ini didukung oleh enam (6) dokter kebidanan dan kandungan, serta tujuh (7) spesialis anak.

Selain mengedepankan konsep bangunan modern yang ramah lingkungan, gedung ini juga memiliki berbagai fasilitas ramah anak. Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre dibangun sebagai upaya privacy layanan bagi wanita dan anak-anak. Klinik ini sengaja dibangun terpisah dengan layanan spesialis medis lain, agar wanita dan anak-anak yang ingin konsul ke spesialis obsgyn dan spesialis anak bisa merasa lebih aman dan nyaman.

“Pusat layanan untuk wanita dan anak Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre sengaja dipisahkan gedung pelayanannya dari Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong. Kita tahu bahwa biasanya wanita dan anak-anak merasa takut jika harus ke rumah sakit, untuk itu kami sengaja memisahkan pelayanan bagi ibu dan anak dengan layanan spesialis lainnya. Hal ini agar pasien wanita dan anak-anak merasa lebih nyaman, dan tidak takut lagi bila harus konsul ke dokter,” tutur dr. Indra MARS., Direktur Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong, di sela peresmian.

Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre dirancang dengan memadukan unsur arsitektur modern dan masa lampau, seperti penempatan jendela yang dapat dibuka pada setiap ruang, ada juga sebagian yang menggunakan kaca nako, kaca jendela jaman lampau yang bisa dibuka atau ditutup sesuai keinginan. “Namun demikian, kami juga meletakkan fasilitas penyaring udara berupa air purifier dan exhaust fan di setiap ruangan sebagai penunjang. Dengan begitu pasien atau orang yang berada di dalam gedung merasa lebih nyaman, karena adanya sirkulasi udara yang baik,” ucap dr. Indra menambahkan.

Tidak hanya ramah lingkungan, Bernadatte’s Clinic Woman and Child Centre juga dirancang menjadi klinik ramah anak dengan desain tata ruang yang cozy, serta dilengkapi dengan fasilitas bermain untuk anak-anak. “Ruang pelayanan pasien anak kami buat sedemikian menarik dengan warna, desain tata ruang yang cozy dengan gambar karakter anak-anak, mulai dari darat, laut maupun udara. Seperti gambar taman yang indah dengan karakter kartun yang lucu, atau gambar perahu atau balon udara pada ruang pelayanan. Ruang tunggu pun dirancang dengan nuansa alam yang indah, serta dilengkapi dengan boneka berwujud binatang lucu. Yang menarik, gedung ini juga memiliki ruang bermain dan belajar bagi anak-anak, sehingga pasien anak tidak merasa bosan, justru malah senang berada di klinik meski harus menunggu giliran konsultasi,” papar dr. Indra.

Ruang tunggu anak di Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre.

Selain ramah anak dan ramah lingkungan, Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre juga dilengkapi dengan peralatan medis terbaru yang lebih canggih dan modern. Salah satunya adalah kursi ginekologi dan meja observasi modern, yang bisa dinaik turunkan sesuai kebutuhan dokter dan pasien.

dr. Novi Handoko, Penanggungjawab Unit Rawat Jalan Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre menjelaskan, bahwa jam buka dan praktek dokter di Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre masih tetap merujuk pada jadwal lama, yakni jadwal layanan Gedung Utama atau Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong. “Masih sama, untuk tarifnyapun masih tetap sama, yang berubah hanya tempat pelayanan dan fasilitasnya saja, saat ini sudah memiliki gedung sendiri, lebih nyaman dengan fasilitas lebih baik.”

Bernadattes Clinic Woman and Child Centre merupakan layanan Ibu dan Anak dari Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong yang saat ini telah memiliki gedung sendiri. “Sebelumnya juga sudah tersedia, karena awal dibuka Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong adalah Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA), dan seiring berjalannya waktu, Rumah Sakit Ibu Anak St.Carolus Summarecon Serpong mengalami peningkatan status menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) yang fokus melayani berbagai spesialis di gedung lama. Kini untuk layanan ibu dan anak, Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong telah memiliki Bernadette’s Clinic Woman and Child Centre,” tutup dr. Indra. (Red/*)

Leave a Reply