BESTTANGSEL.COM, TANGERANG-Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bersama Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) kerja sama secara daring, Kamis (2/7). Penandatanganan yang berlangsung via Zoom ini dipandu oleh Global Relations and Coorperations Office, Boby Arinto dan disaksikan oleh jajaran rektorat, dekan, dan staf, baik dari UMN maupun UiTM.

“Sehubungan dengan itu (penandatanganan MoU), UMN adalah rekan kongsi yang tepat bagi UiTM bekerjesame karena UMN mempunyai quality menumbuhkan pendidikan dan pentauliahan (akreditasi baik) universiti dari kerajaan (pemerintah) di Indonesia. Dan juge sokongan dari kumpulan syarikat terkemuke di Indonesia, yaitu Kompas Gramedia yang mempunyai rangkaian penegakan (jaringan) media television, berita dalam talian (daring) radio, surat kabar dan majalah peninggalan, hotel, hingga pendidikan,” jelas Haji Mohamad Kamal Haji Harun selaku Deputy Vice-Chancellor (Academic and International) UiTM, dalam keterangan persnya yang berlogat Melayu pada hari ini, Kamis (9/7).

Rektor UMN, Ninok Leksono pun turut menyambut baik kerja sama antara UMN dan UiTM ini. Ia berharap MoU ini dapat diwujudkan dengan sebaik-baiknya. Adapun ia mengatakan misalnya dengan membuat program-program yang bermutu, konstruktif, dan menguntungkan.

“Ini mengingatkan kita pada apa yang disampaikan oleh Presiden (ke-4) Indonesia Abdurrahman Wahid, yaitu ‘satu musuh kebanyakan, seribu teman masih kurang’. Nah, kita mungkin sudah punya seribu teman, tapi ingin punya teman baru lagi. Sore ini kita mendapatkan teman baru, yaitu Universiti Teknologi Mara dari Malaysia,” ujar Ninok saat menyambut UiTM.

Melalui MoU ini, Deputy Vice-Chancellor (Academic and International) UiTM, Haji Mohamad Kamal Haji Harun menekankan beberapa kerja sama antara lain: (1). Menjalankan progam pertukaran staf untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, (2). Menerima pertukaran pelajar, baik graduate maupun post-graduate, (3). Melakukan penelitian terpadu antara beberapa fakultas, dan (4). Menjalankan kerja sama di bidang lainnya seperti inovasi dan kegiatan jangka panjang.

“Semoge dengan penegakinye (diberlakukannya) memorandum kesefahaman ini, kite akan membuke lebih banyak peluang kerjesame kepade pelajar-pelajar dan juge pencara-pencara (dosen) dalam perwujudan pade mase kini, seterusnye mase akan datang,” harap Kamal.

Senada dengan itu, Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerja Sama UMN, Muliawati G. Siswanto mengatakan mahasiswa UMN dapat melakukan studi pendek (magang) dan studi lanjutan di UiTM dan sebaliknya. Selain itu, ia turut mengajak adanya pengadaan seminar atau webinar yang dikolaborasikan oleh UMN dan UiTM.

“Demikian juga karena UMN itu dibawah payung dari Kompas Gramedia, kita juga bisa ‘selamat datang’ (terbuka) pada mahasiswa UiTM untuk magang di perusahaan-perusahaan Kompas Gramedia. Demikian juga, kami harapkan nanti dosen-dosen kita (UMN) yang muda dan sangat berbakat ini bisa melanjutkan untuk mengambil doktor di UiTM,” lanjut Muliawati.

Adapun MoU ini ditandatangani oleh Rektor UMN; Ninok Leksono, Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerja Sama, Muliawati G. Siswanto; Deputy Vice-Chancellor (Academic and International) UiTM, Haji Mohamad Kamal Haji Harun; dan Rektor UiTM Cawang Perak Kampus Seri Iskandar, Yusof Hamid. (rlls/Ast)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.