BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengajak seluruh masyarakat dan stake holder untuk peduli terhadap sampah.

Hal ini diungkapkannya saat mengikuti kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Amphitheater Jaletreng Riverpark, Serpong, Kota Tangsel pada Minggu, 24 Februari 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Faizol Izzudin Karimi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto, PT Indah Kiat Tangerang, Bank Jabar, Bank BNI, Sinarmas Land, Pegadaian, Universitas Prasetya Mulya, Camat se Tangsel serta pegiat Bank Sampah Se-Kota Tangsel.

Dalam sambutannya Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengajak, masyarakat berpartisipasi dan lebih peduli dalam mengelola sampah baik dalam rumah tangga dan lingkungan tempat tinggal.

“Dari sekarang, kita biasakan untuk mengelola sampah dan hidup bersih, sehat serta bernilai untuk lingkungan,” katanya.

Menurutnya, untuk mengatasi persoalan sampah, Pemkot Tangsel berencana membangun PLTSa Cipeucang. Saat ini detail Engineering Design (DED) sudah ada dan kemudian akan dilelang di bulan Maret.

“Mudah-mudahan di akhir tahun peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan PLTSa Cipeucang. Kita bekerjasama dengan Korea Selatan untuk membangun PLTSa,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto mengatakan, peringatan HPSN merupakan hari bersejarah bagi Kota Tangsel. Pada kegiatan ini seluruh elemen masyarakat dan stakeholder bersatu untuk Kota Tangsel yang bersih. Sehingga dapat terwujudnya Indonesia 2020 bebas sampah.

“Sampah merupakan musuh bersama. Untuk itu, kami menghimbau agar masyarakat lebih peduli, baik dalam memilah dan mengelola sampah mengurangi produksi sampah kedepannya,” ucapnya.

Hingga saat ini, sambung Toto, Kota Tangsel sudah memiliki 215 bank sampah, sembilan komunitas, serta sedekah sampah.

“Kita ajak masyarakat untuk mengelola sampah dengan sistem 3R (reuse,reduce,recyle),” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, peserta kegiatan menonton pemutaran Video donasi Bank Sampah serta penyerahan secara simbolis sedekah sampah dan hadiah pemenang untuk katagori Lomba Pidato, Sekolah Bank Sampah, Bank Sampah Berprestasi, Lomba pidato SD/SMA, Penghargaan Pelopor dan bank sampah serta pengundian Grand Prize sepeda motor. (Humas-Kominfo)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.