BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan-  Memilah-milih foundation yang tepat untuk wajah bisa menghabiskan banyak waktu. Pasalnya, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit dan warna dasar kulit Anda. Maka dari itu, setiap orang akan membutuhkan jenis dan warna foundation yang berbeda pula. Ketahui tips memilih foundation terbaik yang sesuai dengan jenis kulit Anda di bawah ini.

1. Ketahui jenis kulit Anda

Tips memilih foundation yang pertama adalah mengetahui jenis kulit Anda. Mengetahui jenis kulit akan sangat membantu ketika memilih foundation yang sempurna. Misalnya, formula bebas minyak (oil-free) yang memberikan tampilan akhir matte lebih cocok untuk kulit berjerawat dan/atau berminyak, sementara formula berpelembap cocok digunakan untuk kulit kering. Anda yang memiliki kulit sensitifatau alergi lebih baik menggunakan formula nonkomedogenik atau hypoallergenic. Kulit normal dan kombinasi dapat mencoba beberapa formula yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk kulit mereka

2. Kenali warna dasar kulit Anda

Setelah mengetahui jenis kulit Anda, sekarang Anda kenali warna dasar kulit Anda. Pasalnya, warna dasar kulit akan mempengaruhi warna foundation yang cocok untuk Anda. Warna dasar kulit dikategorikan dalam tiga warna, yaitu cool, warm, dan natural. Cara ini dilihat dari warna pembuluh darah di pergelangan tangan.

Foundation yang memiliki nuansa cool (biasanya berlabel “C”) cocok untuk orang yang memiliki pembuluh darah berwarna biru. Nuansa warm pada produk foundation biasanya ditandai dengan label “W”, cocok untuk yang memiliki pembuluh darah berwarna hijau. Sementara foundation dengan warna dasar kulit netral (label “N”) ditujukan untuk mereka yang memiliki pembuluh darah berwarna keunguan (campuran biru maupun hijau).

Setelah Anda mengenali warna dasar kulit Anda, langkah selanjutnya adalah memilih foundation dengan warna yang paling mirip dengan warna dasar kulit Anda. Jangan memilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih gelap atau lebih cerah dari warna dasar kulit Anda.

3. Pilih coverage dan tekstur foundation

Tentukan pilihan coverage (daya tutup yang diberikan produk), apakah Anda menginginkan coverage penuh, sedang, atau tipis. Anda bisa menentukan jenis coverage tergantung dari seberapa alami tampilan yang ingin Anda hasilkan dari pemakaian foundation, dan sesuaikan dengan jenis coverage yang disediakan oleh produk yang Anda gunakan.

Selain itu, pilih juga tekstur foundation yang akan Anda gunakan. Setiap tekstur foundation memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti:

  • Foundation cair adalah jenis foundation yang paling ringan dan termasuk paling mudah untuk dipulas pada wajah. Biasanya foundation berbasis minyak untuk kulit kering dan foundation cair berbasis air untuk kulit berminyak, normal, atau kombinasi.
  • Foundation krim digunakan untuk kulit normal dan sangat kering. Pasalnya, foundation ini mengandung minyak, bertekstur tebal, dan lembut yang dapat menyatu sempurna dengan kedua jenis kulit ini sehingga membuat kulit terasa lembab dan kenyal.
  • Foundation padat tersedia dalam bentuk loose powder (bubuk super halus) maupun bedak padat. Foundation tipe ini sangat kering dan hampir tanpa air sama sekali. Foundation ini juga cocok untuk digunakan pada orang yang memiliki kulit berminyak dan normal.

4. Coba langsung pada wajah

Tips memilih foundation yang tidak kalah pentingnya adalah mencoba mengaplikasikan langsung pada wajah. Kebanyakan orang biasanya mencoba foundation pada punggung tangan. Hal ini adalah cara yang salah. Pasalnya warna kulit punggung tangan dan wajah berbeda. Cara terbaik untuk mencoba foundation adalah di sepanjang garis rahang dan di bawah pencahayaan yang beragam (dalam dan luar ruangan).

Warna foundation yang benar akan menyatu dengan warna alami kulit. Pada beberapa orang yang memiliki warna kulit lebih kompleks, uji pula warna foundation di T-zone, yaitu pada area dahi, hidung dan mulut.

5. Membuat warna campuran

Jika Anda kesulitan dalam memutuskan antara dua warna yang sama, pilihlah warna satu tingkat lebih terang daripada warna kulit alami Anda, dan Anda bisa mencampurnya dengan bronzer atau blush on.

(bbs)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.