BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Dosen dan beberapa perwakilan mahasiswa Program Studi D-III Sekretari Universitas Pamulang (Unpam) kembali menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) selama 2 hari, Rabu dan kamis, 30-31 Desember 2020. PKM kali ini mengambil tempat di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) 012 Griya Bersih Asri, Perumahan Reni Jaya Baru, Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Diketuai oleh Nani Widya Sari, S.H., M.H., Para peserta PKM melaksanakan tugasnya dengan memaparkan materi PKM yang di ikuti oleh para pekerja di TPST 012.

Dalam sambutannya, Ketua TPST 012, H. Syafaruddin menjelaskan tentang pengolahan sampah yang selama ini sudah berjalan kepada para peserta PKM. “Pengolahan sampah di TPST 012 diawali dari kendaraan pengangkut sampah, setelah itu sampah di pisahkan menjadi kelompok organik dan anorganik dengan mesin pemilah. Kemudian, sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos dan air lindi. Untuk meminimalisir resiko semua pekerja TPST diwajibkan untuk menggunakan sarung tangan, dan masker. Usai bekerja, para pekerja juga diharuskan membersihkan badan (mandi), dan berganti pakaian,” terang Syafaruddin, Rabu (30/12).

Usai memberikan sambutan dan pengetahuan, peserta PKM diajak untuk berkeliling melihat sampah anorganik, yang disimpan di bank sampah yang sudah dibentuk oleh TPST 012, sehingga sampah tersebut lebih terorganisir dengan baik.

Selanjutnya dihari kedua pelaksanaan PKM, para pekerja di TPST 012 mendapatkan edukasi tentang mengenai manfaat dari Bank Sampah yang disampaikan oleh salah para dosen secara bergantian. Tujuan edukasi tersebut tentu saja bertujuan untuk meningkatkan pemahaman betapa sangta pentingnya pengelolaan sampah demi kelestarian lingkungan.

Penyuluhan dan edukasi ini juga menjabarkan akan pentingnya kesadaran tentang penggunakaan teknologi tepat guna dalam mengolah sampah, kesadaran yang muncul pada peserta diharapkan bisa membawa aksi yang lebih baik kedepannya, seperti memahami akan masalah yang akan ditimbulkan jika masalah sampah ini tidak ditangani dengan tepat dan juga keuntungan dan kebaikan yang akan didapatkan jika penanganan dilaksanakan dengan baik.

Dalam pelaksanaan PKM tersebut, juga dilakukan penandatangan Implemetation Agreement, Piagam Penghargaan yang diakhiri dengan foto bersama. Harapan kedepan, semoga dengan terlaksananya kegiatan ini yang dikemas dalam pengabdian kepada masyarakat, akan menjadi salah satu implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dalam membangun sinergi antara masyarakat dan insan akademis. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.