BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Program Studi D3 Sekretari Fakultas Ekonomi Unpam kembali mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) selama 3 hari Senin-Rabu, 28-30 Desember 2020. PKM dilaksanakan oleh para dosen dan beberapa perwakilan mahasiswa Program Studi D3 Sekretari Fakultas Ekonomi Unpam. Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) 012 Griya Bersih Asri, Perumahan Reni Jaya Baru, Pamulang Barat, Tangerang Selatan menjadi Lokasi pelaksanaan PKM kali ini.

DIketuai oleh Zaki Zainal Arifin, S.S., M.Pd., para peserta PKM ikut membaur bersama para peserta PKM yang terdiri dari elemen masyarakat sekitar TPST dan juga para pekerja TPST yang notabene adalah masyarakat sekitar juga. “Pada kesempatan PKM kali ini kami mencoba untuk memberikan “Penyuluhan dan edukasi untuk Menumbuhkan Kesadaran Warga Di Sekitar Tpst 012 Griya Bersih Asri Perumaham Reni Jaya Baru, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan Untuk Memanfaatkan Bank Sampah,” tutur Zaki menjelaskan.

“PKM ini ditegaskan oleh kami sebagai bentuk keperdulian kami akan kelesterian lingkungan, yang diwujudkan melalui pengulahan sampah melalui yang di koordinir melalui bank sampah yang nantinya akan berdampak kepada berkurangnya (reduce) volume sampah yang ada sehingga diharapkan lingkungan sekitar bisa menjadi lebih asri. Hal ini menjadi salah satu bentuk keperdulian dan pengabdian kami sebagai insan civitas akademika untuk melaksanakan dharma bakti kami kepada masyarakat,” papar Zaki.

H.Syafaruddin., AH sebagai ketua TPST 012 menjelaskan dalam dalam sambutannya kepada semua peserta PKM tentang alur pengolahan pengolahan sampah yang sudah berjalan selama ini. “Pengolahan sampah di TPST 012 diawali dari pengumpulan sampah dari bank sampah yang ada di setiap RT yang kemudian diangkut oleh kendaraan pengangkut sampah ke TPST 012, proses pemilahan dilakukan untuk memisahkan antara sampah organik dan sampah non organik, proses ini dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara manual dan menggunakan mesin pemilah, sampah non organik yang ada akan dimusnahkan dengan menggunakan mesin incinerator dengan teknologi dan metode ramah linkungan, protokol kesehatan dan protokol keamanan kerja dilaksanakan dengan baik dan tertib selama pelaksanaan pengolahan sampah, sejak dari awal proses sampai akhir.”

Usai memberikan sambutan dan penjelasan tentang TPST, para peserta PKM diajak untuk berkeliling melihat mulai dari penyimpanan sampah organik dan non organik, peralatan pengolahan dampah dan produk yang dihasilkan dari pengolahan TPST 012 tersebut, sampah yang diorganisir (dikumpulkan) melalui bank sampah yang sudah dibentuk oleh TPST 012 diolah sedemikian rupa menggunakan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan sehingga bisa menghasilkan produk seperti popok organik (kompos), pupuk cair dan gas alam yang bisa dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Pada Hari Kedua pelaksanaan PKM, Para Pekerja dan warga di sekitar TPST 012 Mendapatkan Edukasi dan Penyuluhan akan Kesadaran besarnya manfaat dari Bank Sampah yang disampaikan oleh salah satu Dosen Pelaksana PKM, Pendi Ahmad., SH., MH.

“Proses Penyuluhan dan Edukasi terhadap Warga Di Sekitar TPST 012 dan para pekerja di Griya Bersih Asri Perumaham Reni Jaya Baru, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan penting nya pengelolaan sampah demi kelestarian lingkungan melalui Bank Sampah. Penyuluhan dan edukasi ini juga menjabarkan akan pentingnya kesadaran tentang penggunakaan teknologi tepat guna dalam mengolah sampah, kesadaran yang muncul pada peserta diharapkan bisa membawa aksi yang lebih baik kedepannya, seperti memahami akan masalah yang akan ditimbulkan jika masalah sampah ini tidak ditangani dengan tepat dan juga keuntungan dan kebaikan yang akan didapatkan jika penanganan nya sesuai.” ungkap Pendi.

Pada Hari ketiga pelaksanaan PKM, yang juga menjadi hari terakhir kegiatan, para peserta PKM melakukan penandatangan Implemetation Agreement, Piagam Penghargaan dan juga melakukan sesi foto bersama.

Semoga dengan terlaksana nya kegiatan PKM ini maka pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu pilar perguruan tinggi akan terus terjaga, terus tersinergi dan juga semoga bisa tercipta hubungan yang baik antara elemen masyarakat dan segenap insan civitas akademika, dengan peyuluhan dan edukasi kali ini diharapkan warga sekitar dan para pekerja TPST 012 semakin memahami akan penting nya bank sampah yang menjadi awal proses pengolahan sampah.” Tutup Zaki. (**)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.