BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Dosen dan mahasiswa Prodi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang sesuai dengan tugas Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kembali melaksakan PKM pada tanggal 17-19 Desember 2020 yang lalu. Khalayak sasaran PKM kali ini adalah warga di Perumahan Griya Bunga Asri Desa Cibadung RT.02/RW.08 Kec. Gunung Sindur-Bogor.

PKM kali ini mengambil tema Pendampingan Anak Pembelajaran Internal Kelas Online (PAPI KELON). Hal tersebut karena disesuaikan dengan kondisi faktual saat pandemi Covid-19 saat ini, di mana orag tua dituntut berperan ganda disamping sebagai orang tua juga harus dapat memainkan peran lainnya yaitu sebagai guru yang mendampingi anaknya belajar online di rumah.

“Dengan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai pemenuhan Tridharma Perguruan Tinggi, tim pengabdi juga mendapatkan pengalaman tentang pembimbingan kepada orang tua khususnya para ibu rumah tangga dalam mendampingi anak ketika belajar online di rumah. Kemudian bagi warga masyarakat khususnya para ibu rumah tangga dapat memahami cara mendampingi anak, membantu memecahkan masalah dan hambatan yang terjadi ketika belajar online di rumah,” tutur Harjoyo, S.E., M.M., selaku dosen pembimbing PKM.

Dia juga mengatakan manfaat PKM bagi Universitas Pamulang, di antaranya warga menjadi lebih mengenal tentang Universitas Pamulang baik visi, misi maupun kegiatan kemitraan dengan masyarakat sehingga image yang muncul sangat positif. Disamping itu manfaat lainnya adalah universitas mendapatkan sasaran untuk menjalin kerja sama baik dalam kegiatan pengabdian masyarakat maupun penelitian.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada para dosen, mahasiswa dan Universitas Pamulang yang melakukan pengabdian di lingkungan kami. Dengan adanya PKM, warga kami khususnya para ibu rumah tangga merasa terbantu dalam memecahkan masalah pembelajaran online yang selama ini oleh sebagian orang tua dianggap momok dan beban yang berat Kata Marsudi, Ketua RT.02/08, saat membuka pelatihan PAPI KELON.

Pelaksanaan pengabdian mendapatkan sambutan yang sangat baik. Warga terutama para ibu rumah tangga sangat antusias mengikuti penyuluhan dan pelatihan pendampingan anak belajar online. Mereka menyambut baik dengan pengabdian yang diselenggarakan di tempatnya karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana cara melakukan pendampingan anak dan pengoperasian alat pendukung dan aplikasi seperti Whatsapp, Zoom Meeting, Email, Google Clasroom, atau aplikasi media belajar lain sesuai rekomendasi Kemendikbud.

Kegiatan PKM diawali dengan memberikan ceramah dan pembimbingan kepada ibu rumah tangga di komplek perumahan Griya Bunga Asri Desa Cibadung RT. 02, RW. 08 dalam mendampingi anak saat belajar online, yang dikumpulkan di Posyandu atau Balai Warga. Adapun materi yang diberikan terkait dengan pengertian pembelajaran online (daring), cara berkomunikasi dengan anak terkait tugas sekolah, bagaimana cara menagatasi hambatan yang terjadi ketika pembelanjaran berlangsung. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan metode diskusi untuk memperdalam pemahaman warga tentang pendampingan anak ketika belajar online. Selanjutnya menggunakan metode demonstrasi dan praktik/simulasi yang merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan oleh pelaksana PKM.

Waluyo, S.Pd., M.M. sebagai ketua pengabdi sekaligus pemateri memberikan saran dan masukan: Di era keterbukaan informasi dan teknologi komunikasi yang sangat cepat dan di musim pandemi Coid-19 di mana kegiatan belajar dilakukan melalui kelas online, peran orang tua sangat besar dan berpengaruh signiifkan terhadap minat belajar dan prestasi anak, maka orang tua terutama para ibu dituntut dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi dan mulai mengubah mindset/pola pikir menjadi seorang ibu rumah tangga yang modern dan menguasai IPTEK.

Kegiatan pengabdian ditutup pada hari ketiga pelaksanaan dengan pemberian cendera mata dan bantuan dana pembinaan untuk warga, kemudian ramah tamah dan foto bersama.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.