BESTTANGSEL.COM, TANGERANG SELATAN – Ganespa kembai melakukan aksi penolakan terhadap pembangunan proyek Tol Serpong – Cinere (Sercin) yang melintasi Situ Sasak di Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (5/4/2018).

Aksi protes yang kelima tersebut dilakukan dengan penyegelan lokasi proyek tol oleh organisasi pecinta lingkungan tersebut.

Biro Hukum OKP Ganespa, Sholeh, dalam aksinya mengatakan, selama Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) yang diiringi dengan penelitian terhadap dampak lingkungan belum terpenuhi, seharusnya bangunan ini tidak boleh berdiri atau berhenti pengerjaannya.

“Seharusnya 4 sampai 5 tahun sebelum pembangunan ini, semua dokumen telah terpenuhi. Dan kami harapkan setelah penyegelan, pembangunan proyek yang dinilai cacat hukum ini diberhentikan sambil menunggu dokumen yang kita minta,” ucapnya.

Dalam aksi itu, OKP Ganespa juga menyerukan tujuh tuntutan. Antara lain:

1. Walikota Tangsel meminta maaf kepada publik secara terbuka di depan media masa bahwa mereka telah melakukan kesalahan karena telah merusak dan mendirikan bangunan di lahan garis sepadan situ yang jelas-jelas sebagai ruang terbuka hijau dan dilindungi oleh Undang-undang.

2. Meminta kepada Pemerintah Kota Tangsel untuk menghentikan pengerjaan Tol Serpong-Cinere karena tidak sesuai dengan Perda RTRW Tangsel No.15 Tahun 2011.

3. Pihak Pemerintah Tangsel harus mengkaji ulang dokumen AMDAL Tol Serpong-Cinere yang sudah kadaluarsa dan tidak sesuai dengan teknis pelaksanaan di lapangan.

4. Meminta kepada pihak kontraktor agar mengganti rugi semua kerusakan lingkungan yang terjadi khususnya di area Situ Sasak Pamulang dan meminta agar pihak proyek tol mengembalikan sepadan situ sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

5. Membentuk tim gabungan untuk menganalisa proyek Tol Serpong-Cinere.

6. Komitmen Pemerintah agar menjaga dan melestarikan situ yang ada di kota Tangsel. Jangan sampai pengerusakan situ terjadi kembali di Kota Tangsel.

7. Membuka sebenar-benarnya informasi terkait komitmen atau bentuk kerja sama antara Pemkot Tangsel dengan pihak pengelola tol.

 

BR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.