Besttangsel.com, – Sama seperti organ tubuh, otak juga perlu dirawat kesehatannya agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Sebab, kalau otakmu tak berfungsi dengan maksimal, maka hal ini bisa mempengaruhi semua sistem dalam tubuh berikut dengan kerja organ lainnya.

Sayangnya, ada kebiasaan sederhana yang kamu lakukan sehari-hari yang bisa menurunkan kemampuan otak secara perlahan. Apa saja?

Kurang berkomunikasi
Penelitian telah menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan selama 10 menit per hari bisa meningkatkan kemampuan otak. Sebab berbicara akan merangsang kerja otak.

Makan gula terlalu banyak
Semakin banyak gula yang kamu konsumsi, maka hal ini bisa mempengaruhi kerja neurotropik otak yang bertanggung jawab atas produksi neuron. Akibatnya, fungsi otak jadi tak maksimal.

Kurang latihan otak
Puncak produktivitas otak mencapai puncaknya pada usia 16-25 tahun, setelah itu akan menurun secara perlahan. Latihan otak yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan kinerja otak.

Jarang sarapan
Sarapan terbukti bisa membuat performa jadi lebih baik. Melewatkan sarapan hanya akan menyebabkan penurunan kadar glukosa darah yang bisa mempengaruhi fungsi otak secara negatif.

Konsumsi banyak junk food
Junk food memang enak. Namun mengonsumsinya terlalu banyak bisa mempengaruhi hubungan antara sel otak. Hal ini bisa mempengaruhi terbentuknya memori jangka panjang dan jangka pendek.

Menutupi kepala saat tidur
Saat kamu tidur dengan kepala yang tertutup, maka hal ini bisa mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam otak. Inilah salah satu kebiasaan yang bisa merusak kesehatan otak.

 

BS/LL

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.