Sebanyak 900 calon jamaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit IMC Bintaro, (21/07/2016).

 

Hal ini dilakukan guna menjalani ibadah haji ketanah suci. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara bertahap sejak 19 Juli hingga 21 Juli 2016. Dalam pemeriksaan ini dilakukan dua tahapan yakni, pemeriksaan yang dilakukan di puskesmas masing-masing lingkungan jamaah haji, dan pemeriksaan yang dilakukan di Rumah Sakit dengan pemberian vaksin meningitis, tes fisik, laboratorium, urine dan legalisasi buku kesehatan jamaah haji (BKJH).

 

 

Proses pemeriksaan kesehatan

Foto : Istimewa

 

Adhy Purnawan selaku kepala seksi surveilans dan imunisasi dinkes Tangsel mengatakan, untuk pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji, disiapkan 10 dokter umum.

“Kita utamakan pemeriksaan terhadap jamaah yang berusia diatas 50 tahun dulu, karena diusia tersebut rentan hipertensi, diabetes, dan jantung,” ungkapnya.

Sementara itu, Harry salah seorang jamaah haji asal Kelurahan Rengas, mengaku saat ini kondisi fisiknya sangat sehat. Sebab dari jauh hari dia menjaga fisiknya menjaga pola makan, berolahraga, dan minum vitamin.

“Alhamdulillah sampai saat ini saya fokus jaga kesehatan jasmani dan rohani agar nanti saat beribadah di tanah suci semuanya bisa berjalan lancer,” Pungkasnya. (IR)

 

Teks : Iyar

Foto : Istimewa