BESTTANGSEL.COM, SETU-Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) merevitalisasi dan mengembangkan lahan seluas 5 hektar di Tangsel menjadi pusat edutainment “Agro Puspiptek”. Inovasi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat, khususnya para pelajar untuk menjadi seorang peneliti.

“Kelemahan Indonesia dalam bidang riset yakni rendahnya jumlah peneliti dibanding jumlah masyarakat. Ini karena ada kesalahan pola didik pada anak usia dini, bahwa untuk menjadi peneliti anak-anak hanya dibekali dengan teori. Pusat edutainment Agro Puspiptek hadir sebagai upaya mengembangkan minat anak didik untuk menjadi peneliti. Terutama dibidang pertanian dan peternakan,” ujar Menristek (Menteri Riset dan Teknologi) dan Kepala BRIN (Badan Ristek dan Inovasi Nasional) Bambang Brodjonegoro, saat meresmikan Agro Puspiptek di Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Minggu (30/8/2020).

“Kita harapkan edutainment di sini bisa menjadi contoh. Selain itu, pengembangan ini juga tidak boleh statis, namun harus selalu update dan upgrade. Jika ada teknologi peternakan baru, harus segera diperkenalkan. Sehingga anak-anak akan semakin bersemangat menjadi peneliti di masa depan untuk memberikan kontribusi perekonomian bagi negara,” lanjutnya.

Dia juga berharap, agar hadirnya Agro di Puspiptek bisa menambah destinasi wisata di Tangsel. Terlebih lokasi tersebut terletak tidak jauh dari pusat kota dan ditengah wilayah metropolitan. Namun menjadi penyedia Ruang Terbuka Hijau yang dibutuhkan.

“Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk mendapatkan Ruang Terbuka Hijau. Kita berharap, jika masyarakat ingat Tangsel juga akan ingat Puspiptek. Namun keamanannya juga harus diperhatikan karena saya melihat banyak arena bermain yang menantang, yang tingkat safety nya harus selalu diperhatikan,” ucapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Puspiptek, Sri Setiawati mengatakan, fasilitas permainan alam bagi anak-anak yang berlokasi di Agrowisata Puspiptek ini akan dibuka setiap hari untuk masyarakat luas, agar bisa melakukan pembudidayaan IPTEK.

“Karena dengan belajar alam tentunya dapat menarik minat permainan dan pengetahuan alam yang kini mulai ditinggalkan. Selain itu, agar dapat digunakan oleh teman-teman BPPT, BATAN, KLH untuk berinovasi disini,” jelasnya.

Hadirnya Agro Puspiptek juga sebagai upaya mengakomodir antusiasme para pelajar yang ingin berkunjung ke Puspiptek. “Jika sebelumnya Puspiptek hanya menerima kunjungan para pelajar hanya di hari kerja, maka dengan adanya Agro Puspiptek pada hari-hari libur pun pelajar bisa berkunjung,” ujar Sri.

Hadir menyaksikan dibukanya Agro Puspiptek, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menyatakan terimakasih dan mengapresiasi Puspiptek karena telah menghadirkan pusat edutainment bagi masyarakat Tangsel.

“Saya lihat ada banyak spot -spot instagramable, tapi karena masih PSBB tempat wisata meski sudah dibuka untuk umum, namun harus mengikuti protokol kesehatan. Masyarakat, khususnya anak-anak sudah jenuh dengan Pembelajaran Jarak Jauh, Agrowisata ini sebagai alternatif pendidikan yang dapat dibagi secara berkelompok untuk melakukan inovasi belajar mengajar saat ini,” tutup Airin. (As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.