BESTTANGSEL.COM, JAKARTA-Joshua Timoti (22 tahun), baru saja menjalani proses kemoterapi di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Joshua yang sebelumnya menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit di Malaysia, di masa lockdown ini mau tidak mau harus melanjutkan proses kemoterapinya di rumah sakit dalam negeri. Pandemi COVID-19 berhasil mengubah pendapat pasien yang sebelumnya memilih pengobatan di luar negeri untuk mengakui mutu dan kualitas rumah sakit dalam negeri yang tidak kalah dengan rumah sakit di negeri tetangga.

“Sebelumnya ada keluarga kami yang terkena kanker dan berobat di rumah sakit lain di Indonesia, namun memiliki pengalaman buruk. Oleh karena itu, saya memilih untuk berobat di Malaysia. Namun, dikarenakan lockdown wabah corona, saya mencoba untuk melanjutkan pengobatan di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dan ternyata dokter, pelayanan dan fasilitasnya sangat baik, tidak kalah dengan di Malaysia. Bahkan dari segi biaya juga lebih murah 30 hingga 40 persen belum lagi biaya akomodasi,” ujar Joshua di sela proses kemoterapinya pekan lalu.

Jumlah pasien kemoterapi memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan mengingat MRCCC Siloam Hospitals Semanggi telah menerapkan protokol pencegahan covid-19 dengan melakukan skrining awal kepada seluruh pengunjung dan pasien rumah sakit untuk melindungi pasien kanker yang melakukan pengobatan di rumah sakit. Hal ini dikatakan oleh Head of Business Development Siloam Hospitals, Firdaus Halim, Jumat (8/5/2020).

“Ya semasa pandemi untuk pasien kemoterapi memang ada kenaikan, untuk layanan One Day Care saja ada kenaikan sekitar 50%. Biasaya untuk layanan ini kami melayani 200 pasien kemoterapi per bulan, sedangkan sejak Maret 2020 atau semasa pandemi covid-19, pasien bertambah menjadi 300 orang, belum termasuk pasien rawat inap yang juga harus menjalani kemoterapi,” papar Firdaus.

Menurut Firdaus, meski biaya kemoterapi bervariasi berdasarkan obat, tetapi untuk biaya yang harus dikeluarkan pasien sudah pasti menjadi lebih hemat ketimbang pasien harus menjalani proses kemoterapi di luar negeri.

“Untuk pasien rawat inap, kami menyediakan layanan kelas 1, VIP, VVIP bahkan Presidential Suite. MRCCC Siloam Hospitals Semanggi menerapkan layanan kanker dengan teknologi terkini seperti CT/PET Scan, Molecular Diagnostic Center dan radioterapi,” ucap Firdaus. (As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.