Para ibu di Kecamatan Bambu Apus Pamulang, tampak semangat mengikuti pelatihan mengubah sampah plastik menjadi barang kerajinan tangan yang dipandu Alfamart.

BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Sumber Alfaria Trijaya, Tbk pengelola ritel modern Alfamart kembali menggelar pelatihan Daur Ulang sampah plastik tahap 2 bertempat di aula Kantor KelurahanBambu Apus Pamulang Tangerang Selatan, Selasa (31/7/2018). Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dari pengurus bank sampah wilayah kecamatan Pamulang, dan dihadiri oleh Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Wisman Syah, Ketua Silaturahmi Bank Sampah (SIBAS) Tangsel, Hj. Eka Meidya Ratna, SE, Perwakilan Alfamart, Rere, dan perwakilan Tangsel Pos, selaku koordinator acara.

Dalam sambutannya, Wisman , mengatakan, “pemerintah dalam mendukung terciptanya kota Tangerang Selatan Sehat mengapresiasi peran swasta dalam pelestarian dan kepedulian terhadap alam khususnya sampah plastik. Bukan hanya itu, ada nilai lebih dari program ini yaitu para ibu-ibu dibekali keterampilan tangan dari sampah plastik. Jadi ada 2 hal positif yang bisa kita rasakan manfaatnya. Saya selaku wakil pemerintah kotaTangerang Selatan mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Alfamart yang telah memfasilitasi kegiatan ini di 4 kecamatan yang  juga turut serta mendukung  program pemkot Tangsel untuk mengurangi volume sampah plastik melalui kegiatan kerajinan daur ulang sampah plastik.”

“sampah plastik bekas kemasan minuman atau apapun bisa disulap menjadi sebuah kerajinan cantik yang memiliki nilai jual. Memang membutuhkan sedikit ketelitian untuk menghasilkan produk yang memiliki kualitas layak jual, namun jika kita ulet dan konsisten, barang-barang ini bisa memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan”. Ungkap Hj. Eka Meidya Ratna, SE selaku Ketua Silaturahmi Bank Sampah (SIBAS) Kota Tangerang Selatan.

Eka menambahkan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Sibas yang terselenggara berkat dukungan program pemberdayaan masyarakat Alfamart semoga kerjasama ini tidak berhenti di sini tapi tetap berlanjut. Tidak lupa juga saya mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak lain yang mendukung terlaksananya acara ini yaitu Harian Tangsel Pos, Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangerang Selatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan.

Tanggapan positif juga dikatakan oleh Kartini, yang kesehariannya menjadi pengurus Bank Sampah Korcam Pamulang, bahwa kegiatan ini membantu menumbuhkan semangat para ibu-ibu untuk melakukan kegiatan kreatif membuat kerajinan tangan dari sampah plastik yang mempunyai nilai ekonomis.

“Saya sangat senang ikut pelatihan dari Alfamart. Karenaselain kami di edukasi mengenai lingkungan hidup, kami juga langsung berlatih membuat kerajinannya dan kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya harap kegiatan ini berkelanjutan” papar Hafni, yang juga salah satu peserta pelatihan.

Sementaraitu, Branch Manager Alfamart Parung, Dany Febrianto, mengatakan bahwa selain menanamkan rasa peduli akan lingkungan hidup, kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan mampu menambah dan mengasah ketrampilan masyarakat khususnya ibu-ibu sehingga menjadi sumber penghasilan secara mandiri.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan perempuan yang bertujuan memberikan tambahan ketrampilan tersebut dapat dijadikan tambahan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.