BESTTANGSEL.COM, SERPONG -Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel mencatat adanya penurunan konsumsi masyarakat Tangsel di awal tahun 2024.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Tangsel Ghazali mengatakan, penurunan konsumsi masyarakat terjadi karena masyarakat telah menghabiskan kebutuhan konsumsinya jelang dan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Setelah Natal dan Tahun Baru ini justru ada penurunan konsumsi. Harga bahan pokok memang terjadi kenaikan jelang Nataru dan masyarakat Tangsel menghabiskan waktu mereka keluar Kota, Jadi memang konsumsi didalam daerah berkurang,” ungkap Ghazali, Rabu 3 Januari 2023.

Ghazali mengatakan, akibat menurunnya konsumsi masyarakat, harga-harga bahan pokok juga ikut turun. Beberapa harga bahan pokok jelang Nataru naik kini turun diantaranya beras, cabai, daging sapi dan minyak goreng.

“Setelah sekarang ini harga-harga juga mulai turum dan juga harga dari pemasok juga turun,” ujarnya.

Beberapa harga yang mengalami penurunan diantaranya beras premium turun 0,4 persen, daging sapi turun 0,2 persen, telur ayam turun 2 persen dan cabai keriting, cabai biasa dan rawit merah turun sekitar 15 persen-17 persen.

“Dibanding minggu lalu, harga cabai paling turun drastis,” ujarnya. Meski begitu, Ghazali mengataka ada beberapa harga bahan pokok yang mengalami kenaikan, diantaranya bawang merah dan bawanh putih naik 26,8 persen dan 24 persen dibanding dengan bulan lalu. “Yang lain harganya normal,” tandasnya. (red/*)

Leave a Reply