BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah mulai dibuka Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tangsel. Panwascam akan mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung di 2020.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep menuturkan, pendaftaran telah dibuka sejak 27 November 2019 hingga 3 Desember 2019 mendatang. “Semoga sesuai target, sehingga nanti sebelum tanggal 25 Desember sudah dilakukan pelantikan Panwascam,” tutur Acep saat menggelar media meeting di Bukit Pelayangan Resto, Serpong, Tangsel, Jumat (29/11/2019).

Acep mengungkapkan bahwa target itu ditetapkan berdasarkan peraturan baru dari Bawaslu RI. “Panwascam harus sudah terbentuk sebelum penerimaan PPK Sehingga bisa melakukan pengawasan dalam rekruitmen PPK nantinya,” imbuhnya.

Adapun terkait spesifikasi calon panwascam. Acep mengatakan bahwa dalam pendaftaran itu, pihaknya tak menentukan syarat khusus.

“Kalau spesifikasi, usia minimal 25 tahun kemudian KTP Tangsel, dan ijazah SMA. Sedangkan maksimal usia bebas. Yang paling penting calon panwascam paham tentang kepemiluan,” papar Acep.

“Untuk sistem penerimaan Panwascam kali ini berbeda dengan tahun lalu. Kita pakai sistem CAT, yaitu Computer assisted Test,” kata Acep yang hanya membutuhkan  3 Panwascam.

“Yang mendaftar sudah banyak, lebih dari 32 orang, tetapi kami hanya menerim 3 orang saja, untuk itu seleksinya akan dilakukan dengan ketat,” tutup Acep. (*)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.