BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Rasa kagum dan ungkapan luar biasa dikatakan oleh salah seorang orang tua wisudawan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) usai menyaksikan rangkaian acara Wisuda ke XVI, hari ini, Sabtu 29 November 2019 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD Tangerang, Banten.

Rasa kagum yang muncul saat mendengar keberhasilan UMN, dalam menempa para wisudawan menjadi seorang technopreneurship yang siap bersaing dalam industri kreatif. Kekaguman lainnya adalah saat mendengar kisah dan pengalaman dari seorang technopreneur sejati, Shinta Withoyo Dhanu Wardoyo, CEO Bubu.com, yang sengaja dihadirkan UMN untuk menambah motivasi para wisudawan. Hingga rasa kagum dengan komitmen dan Konsistensi UMN dalam menyajikan rangkaian wisuda dengan balutan budaya Nusantara.

Keberhasilan UMN itu dibuktikan dengan banyaknya para wisudawan yang sudah bekerja dan berwirausaha sebelum diwisuda.

“Di tengah peluang kerja tradisional yang makin terbatas dan peluang baru di era digital yang makin besar, UMN terus berupaya membentuk karakter lulusan yang memiliki jiwa technopreneurship,” tutur Rektor Universitas Multimedia Nusantara, Ninok Leksono, saat menggelar press conference Wisuda ke XVI UMN yang bertema “Technopreneurship dalam Industri Kreatif”.

Menurut Ninok, semakin banyak pemain di industri kreatif, semakin sengit pula persaingannya, maka peranan teknologi semakin kritis. Namun, teknologi saja belum tentu efektif jika tidak disertai dengan jiwa technopreneurship.

“Melalui pembaharuan kurikulum, tata ulang metode pembelajaran seperti penerapan collaborative learning, ditambah dengan menu entrepreneurship dan juga motivasi untuk menjadi insan pembelajar yang adaktif, diharapkan mahasiswa UMN setelah lulus punya bekal untuk menjadi technopreneurship,” kata Ninok.

Ninok juga menjelaskan bahwa technopreneurship mengambil peran dalam industri kreatif, yakni mengembangkan kewirausahaan yang didukung oleh teknologi. Dengan jiwa technopreneurship suatu karya industri kreatif tidak hanya bisa dipercantik desainnya, melainkan juga ditingkatkan kualitas produksinya dan ditepatkan waktu pengirimannya.

Lulusan Terbaik

(Ki-Ka): Claudia Suwardi, dari prodi Ilmu Komunikasi UMN lulus dengan predikat Cendekia Oetama, dan William Darian dari prodi Teknik Komputer, salah seorang lulusan terbaik UMN di wisuda ke-XVI.

Dari 854 wisudawan di Wisuda ke XVI UMN, terpilih 8 wisudawan terbaik yang mewakili 8 program studi (prodi). Mereka adalah William Darian dari prodi Teknik Komputer, Kennard Alcander Prayogo dari prodi Informatika, Stephanie Eunike dari prodi Ilmu Komunikasi, Henny dari prodi Manajemen, Ovita Pattari Purnamadjaya dari prodi DKV, Denise Taslim dari prodi Film, Gracella Pioleta dari prodi Akuntansi dan Jason Kuanca dari prodi sistem Informasi.

Selain 8 lulusan terbaik, wisuda ke XVI UMN juga memberikan predikat Cendekia Oetama pada lulusan prodi Ilmu Komunikasi UMN, Claudia Suwardi.

Predikat Cendekia Oetama diraih Claudia sebab, selama kuliah Claudia sangat aktif mengikuti berbagai perlombaan hingga ke mancanegara.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.