BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali menyelenggarakan Wisuda pada Sabtu (10/7) secara daring. Mengusung tema “Peluang Industri Kreatif dan Turisme Selama dan Pasca Pandemi”, UMN mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno untuk memberikan sambutan. Di wisuda yang ke-20 ini, UMN meluluskan sebanyak 336 wisudawan yang siap menjadi insan kreatif di dunia kerja.

Wisuda XX UMN diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube Universitas Multimedia Nusantara. Dimulai pukul 08.00, wisuda berjalan dengan lancar hingga selesai pukul 12.00. Wisuda kali ini masih menggunakan teknologi augmented reality dalam proses pemindahan toga wisudawan. Suasana haru dan bahagia terlihat dari wajah-wajah wisudawan yang sebagian besar didampingi orang tua dari rumah masing-masing.

Rektor UMN, Dr Ninok Leksono, MA dalam sambutannya mengungkapkan keprihatinan atas pandemi yang terjadi. Namun, di balik keprihatinan tersebut, Ninok merasa kagum atas komitmen wisudawan dalam menjalani proses belajar hingga selesai.

“Anda semua kami banggakan, meskipun pandemi, anda semua bisa terus selesaikan tugas kuliah. Sungguh anda semua adalah insan yang tabah. Jadikan ketangguhan ini untuk menjadi semangat di perjalanan berikutnya,” ungkap Ninok.

Ninok juga berpesan terhadap lulusan agar menyikapi era media sosial dengan kedewasaan. Terdapat banyak informasi di media sosial, namun di saat yang sama juga banyak kebohongan. Adanya kedewasaan dalam bermedia sosial, alumni nantinya dapat memilah informasi. Hal ini menjadi modal penting dalam bersikap di era ini.

“Dengan kelulusan ini, anda semua menjadi alumni UMN. Jadilah alumni yang membanggakan, baik bagi almamater dan bagi bangsa dan negara. Terus kembangkan keahlian masing-masing untuk bisa berkontribusi dalam perkembangan zaman,” ujar Ninok.

Ketua LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. juga hadir memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Agus mengungkapkan bahwa perguruan tinggi dituntut berlari kencang karena pesatnya kemajuan teknologi di dalam berbagai industri.

“Perguruan tinggi harus bergandengan tangan dengan industri untuk berjalan bersama. Program Merdeka Belajar menjadi langkah dalam menjembatani keduanya,” ungkap Agus.

Melanjutkan sambutannya, Agus memberikan apresiasi kepada UMN yang telah banyak menyumbang prestasi di LLDIKTI Wilayah III.

“UMN merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di LLDIKTI Wilayah III. Selama 16 tahun berdiri, terus memberikan sumbangsih untuk masyarakat. UMN menjadi perguruan tinggi akreditasi A dengan fasilitas & tenaga pendidik yang mumpuni,” ungkap Agus mengapresiasi UMN.

Turut hadir juga CEO Kompas Gramedia, Lilik Oetama yang menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan UMN. Lilik mengajak wisudawan untuk bisa terus berkarya dan menjadi lulusan yang kreatif meski dalam kondisi yang sulit.

“Teruslah berinovasi dan menjadi insan kreatif di tengah kondisi yang sulit akibat pandemi covid-19 yang kita hadapi bersama saat ini. Jadikan tantangan ini menjadi penyemangat dan pembelajaran diri untuk berani mengatasi segala rintangan demi menggapai masa depan yang gemilang,” ungkap Lilik.

Pada kesempatan ini, Lilik kembali mengingatkan ungkapan yang pernah disampaikan oleh pendiri Kompas Gramedia dan UMN, Jakob Oetama kepada setiap lulusan UMN.

“Pendidikan tidak hanya menghasilkan anak-anak muda yang punya ilmu, tetapi juga tahu untuk apa ilmunya. Tetaplah menjadi pribadi yang produktif, adaptif, inovatif, dan berprestasi merajut karya bagi almamater, sesama, dan Bangsa Indonesia,” tutup Lilik. (Red/*)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.