BESTTANGSEL.COM, JAKARTA-Penyebaran virus Corona di Indonesia semakin memprihatinkan, setidaknya hingga hari ini sudah lebih dari seribu orang dinyatakan terjangkit virus tersebut, dan angka penderita yang meninggal dunia telah menembus angka seratus. Kondisi itu membuat PT Air Mas Perkasa (Airmas Group) ikut mengulurkan tangan membantu para petugas kesehatan, kantor pemerintahan dan mereka yang terlibat dalam upaya menanggulangi penyebaran virus Corona.

Bantuan-bantuan tersebut diluncurkan melalui Ayoopeduli (Lembaga CSR milik Airmas Group) kepada sejumlah lembaga yang membutuhkan. Barang-barang yang dikirimkan antara lain berupa masker, sarung tangan, sepatu boots, hand sanitizer, disinfektan hingga alat perlindungan diri (APD).

”Kami menyalurkan dana hingga Rp 1 miliar berupa bantuan alat-alat kesehatan dalam rangka membantu mengurangi  penyebaran COVID-19 di Indonesia,” kata CEO PT Airmas Group, Basuki Surodjo, Selasa (31/3).

Penyaluran barang bantuan ini lebih banyak yang diterjunkan kepada Lembaga-Lembaga kesehatan di ibu kota dan sekitarnya seperti Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan, dan sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19. Selain Rumah Sakit, bantuan juga disampaikan kepada sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, hingga Bekasi. Sebagian besar di antaranya sudah tersampaikan dengan baik.

Proses pengiriman bantuan ini sudah berlangsung sejak Senin, 23 Maret lalu dan masih terus berlangsung. Dana tersebut juga merupakan hasil patungan antara PT Air Mas Perkasa (Ayooklik.com) dan PT Cobaz Perkakas Jaya (Cobasstore).

”Sebelumnya kami menyebarkan pesan bagi semua orang yang membutuhkan bantuan perlengkapan kesehatan dan perlindungan diri melalui media WhatsApp, Web hingga media sosial. Hasilnya, kami mendapatkan permohonan hingga 200 lebih,” tambah Basuki Surodjo.

Khusus di Jakarta sendiri, pengiriman bantuan sudah disampaikan kepada sejumlah rumah sakit seperti Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Rumah Sakit Tarakan, beberapa Puskesmas di Jakarta dan Bekasi, maupun Klinik di Jakarta dan Bekasi. Selain kepada tim kesehatan, bantuan itu juga diberikan kepada sejumlah lembaga-lembaga pemerintahan seperti kementerian, badan maupun lembaga.

”Kami ingin memohon maaf kepada semua pihak yang sudah mengajukan namun belum tersalurkan dan mereka yang belum sempat mengajukan tetapi tidak bisa kami bantu karena saluran hotline sudah ditutup. Selain keterbatasan teknis, kelangkaan barang juga menjadi penghambat kami, tetapi kami akan berusaha memenuhi seluruh kebutuhan yang diminta,” lanjut Basuki.

Tidak hanya di Jakarta, bantuan serupa juga dilakukan oleh cabang-cabang Airmas Group seperti PT Airmas Borneo Jaya (Amboja) untuk wilayah Balikpapan, PT Airmas Berkat Abadi (Amba) di wilayah Yogyakarta, PT Airmas Jaya Mesin (Amjames) untuk wilayah Pekanbaru, Riau dan PT Airmas Batam Jaya (Ambaja) wilayah Pangkal Pinang.

Selain itu, Basuki juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu orang lain yang sedang kesulitan di tengah pandemic Covid-19 ini. Ajakan itu dituangkan melalui tagar #berbuatbaikhariesok yang dapat dimulai dari lingkungan sendiri dan sekitarnya.

”Kami ingin menyebarkan virus kebaikan ke seluruh Indonesia, bahwa kebaikan itu bisa dilakukan di mana saja , entah ke teman, saudara, sahabat, orangtua sendiri atau orang lain,” lanjut Basuki. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.