BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) melakukan Launching Muatan Jaminan Sosial dalam Pendidikan melalui Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Modul Projek tersebut disusun bersama oleh DJSN, Kemenko PMK, Kemendikbud, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Modul ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Jamsos 2023-2024. Modul ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka di jenjang pendidikan menengah,” jelas Ketua Komisi Pengawasan, Monitoring, dan Evaluasi, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Muttaqien. 

Launching modul dilakukan pada hari ini, Senin, 11 Desember 2023, oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, bersama Ketua DJSN, Mendikbud, Menag, Dirut BPJS Ketenagakerjaan, dan Dirut BPJS Kesehatan. Hadir pula dalam acara tersebut perwakilan dari Kementerian/ Lembaga terkait.

“Modul ini mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik Jaminan Sosial untuk Masa Depan yang Lebih Cerah. Modul ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan sejak dini, peningkatan literasi jaminan sosial di kalangan pelajar, menciptakan kesadaran yang lebih luas tentang pentingnya jaminan sosial, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila,” ucap Muttaqien menambahkan.

Lanjutnya,”Modul ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi peserta didik untuk belajar tentang jaminan sosial dan nilai-nilainya. Oleh karena itu, Bapak/Ibu dari Sekolah dan Guru Penggerak untuk dapat mempraktikkan Modul Projek ini kepada peserta didiknya agar dapat menjadi generasi penerus yang peduli terhadap jaminan sosial, serta berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan Sejahtera, guna mendorong pembangunan SDM Indonesia yang lebih berkualitas,” tutup Muttaqien.

Modul ini dapat diunduh secara gratis melalui laman resmi DJSN di www.djsn.go.id.

(red/rlls)

Leave a Reply