BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Mengarungi Era Transformasi Digital yang didominasi oleh data, DQLab.id yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic mengusung program beasiswa belajar Data Science, secara intensif untuk memberikan pemahaman Ilmu Data Science secara mendalam. Program beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama antara DQLab dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy Digital Talent Scholarship.

Program belajar data science secara intensif merupakan program beasiswa yang bersifat gratis, untuk menunjang calon talenta data yang siap menghadapi Era Transformasi Digital. Seperti yang kita tahu, pada Era Transformasi Digital semua lini bisnis dilandasi oleh data, dengan sebagai calon talent data.

Melalui Program Professional Academy, Peserta akan belajar secara mandiri secara daring atau online, dimana peserta dapat mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Di masa pandemi seperti ini, pelatihan program tersebut merupakan waktu yang tepat untuk mengexplore diri guna meningkatkan kompetensi data.

Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy bertujuan untuk
meningkatkan serta mempersiapkan alih kompetensi SDM Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara online kepada masyarakat yang sedang bekerja agar tercipta tenaga kerja Indonesia yang lebih adaptif dan produktif. Selain itu, Professional Academy juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia di bidang IT. Meningkatkan kebutuhan Sumber Daya Manusia yang “melek data” mendorong generasi muda untuk memahami serta menjadikan data sebagai salah satu fondasi untuk menjalani era transformasi digital.

Melalui program beasiswa ini akan menciptakan insan yang memiliki kualitas daya saing SDM dalam bidang IT. Keuntungan yang akan didapatkan dengan mengikuti program beasiswa yang diinisiasi oleh DQLab dan Kominfo adalah seluruh partisipan akan mendapatkan sertifikat sebagai bekal untuk melanjutkan karir di industri untuk hadapi studi kasus nyata. Selain itu, partisipan akan mendapatkan kesempatan belajar gratis untuk menikmati semua materi yang tersedia pada DQLab. Dengan demikian, Program Beasiswa ini membuka kesempatan untuk seluruh partisipan dalam membangun networking dengan para senior praktisi data. Hasilkan pula portofolio data yang beragam dari berbagai macam studi kasus industri untuk persiapkan diri kamu memulai karir di industri.

Program beasiswa yang ditawarkan adalah pelatihan untuk profesi Data Engineer dan Data
Scientist. Pelatihan ini akan dibawakan secara daring melalui modul interaktif DQLab dan sesi
mentoring bersama praktisi data di Industri. Peserta yang berhasil menyelesaikan program akan mendapatkan certificate of completion dan certificate of competence lewat proyek data
menantang.

“Dalam era informasi saat ini, “data is the new oil”. Ini berarti bahwa data yang diolah menjadi
informasi menjadi harta karun yang sangat bernilai strategis untuk pengambilan keputusan
dalam bisnis. Untuk itu, data science menjadi skill yang sangat penting,”  tutur Andrey Andoko, Wakil Rektorat Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Multimedia Nusantara, pada Selasa (23/02).

“Kami merasa beruntung bisa bekerjasama dengan Kominfo untuk mengadakan pelatihan
digital untuk Data Engineer dan Data Science, dua profesi yang semakin penting di seluruh
dunia saat ini. Terutama pada saat masa-masa krisis seperti pandemi dimana semua keputusan harus berdasarkan data. Contoh paling nyata adalah pemberian vaksin, yang proses rilisnya semuanya harus berdasarkan data. Semoga dengan kontribusi kami ini bisa berdampak besar ke masa depan teman-teman yang lolos seleksi,” tutup Feris Thia, Founder of Xeratic.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.