BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat belanja masyarakat secara online (daring) meningkat selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Berdasarkan data BPS, rata-rata peningkatan produk yang terjual di marketplace dalam kurun waktu April-Juni 2020 sekitar 20% dari bulan sebelumnya atau di luar masa pandemi. Perubahan gaya belanja tersebut mendorong berbagai perusahaan melakukan penyesuaian demi bisnis yang berkelanjutan. Caranya, suatu perusahaan harus mengembangkan teknologi informasi yang dapat diakses konsumen sehingga tetap berinteraksi secara virtual.

Sinar Mas Land pun terus beradaptasi dengan pergeseran perilaku pasar akibat pandemi. Yang terbaru, pengembang properti nasional tersebut meluncurkan portal properti digital. Platform ini diperkenalkan pertama kali melalui katalog elektronik atau e-katalog sebagai produk digital yang memberikan informasi lengkap mengenai semua properti milik perusahaan. Berbagai informasi mendetail tersedia dalam portal digital ini, mulai dari proyek, klaster, sampai tipe unit yang tersedia. Portal tersebut dapat diakses melalui situs ecatalog.sinarmasland.com yang hadir sebagai langkah inovatif untuk menata ulang pengalaman pencarian properti.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani, menjelaskan lebih jauh bahwa kehadiran platform digital ini dilatarbelakangi oleh komitmen dari perusahaan untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen dalam aktivitas property searching. Dengan demikian, portal ini menjadi panduan tim penjualan dalam menjelaskan produk kepada konsumen secara konsisten.

“Dengan e-katalog dalam portal digital Sinar Mas Land, kami juga dapat menjangkau segmen konsumen lebih luas dan lebih cepat terhubung saat mereka mulai menjelajah untuk menemukan properti yang paling sesuai. Sebagai salah satu produk digital dari Sinar Mas Land, e-katalog dapat diakses melalui web browser yang ada di laptop, tablet, desktop, maupun smartphone. Yang tak kalah penting, kami memiliki platform atau penyimpanan terpusat untuk mengelola portofolio produk secara digital. Singkat kata, e-katalog memperkuat sinergi penjualan online dan offline,” ungkap Mulyawan Gani.

Ada sejumlah keuntungan bagi masyarakat yang ingin mencari properti dari Sinar Mas Land melalui katalog elektronik. Dalam platform tersebut, konsumen dapat menemukan properti yang paling sesuai dan paling dekat dengan keinginan melalui fasilitas pencarian, seperti harga jual atau bentuk kamar tidur. Ada pula live map search untuk memudahkan pencarian lokasi properti yang tengah diincar. E-katalog menyediakan daftar seluruh fasilitas di setiap proyek dan tipe unit dalam klaster atau apartemen. Konsumen pun dapat mengunjungi properti prospektif, berinteraksi dengan tim penjualan, dan mengelilingi kamar di setiap unit dengan tur virtual melalui tampilan video. Mereka dapat memilih pula proyek dengan program promosi yang menarik.

Katalog elektronik juga memperkaya kontennya dengan 360 tur virtual untuk semua show unit dan kaveling yang dimiliki oleh Sinar Mas Land. Harapannya, konsumen semakin mengenal seluruh proyek Sinar Mas Land dengan mudah di rumah saja. Proyek utama yang terdaftar di e-katalog antara lain The Zora dan Akasa Pure Living di BSD City, perumahan Banjar Wijaya di Kota Tangerang, apartemen The Elements di Rasuna Epicentrum serta Aerium di Taman Permata Buana di wilayah Jakarta, Kota Wisata Cibubur, dan Kota Deltamas Bekasi. Total terdapat 18 proyek, 132 klaster, dan 711 tipe hunian yang di-posting dalam e-catalog tersebut. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.