BESTTANGSEL.COM, JAKARTA -Larissa, gadis cilik yang baru berusia 5 tahun ini datang ke Siloam Hospitals Simatupang, tepat di peringatan hari kanker sedunia. Dia  datang bersama ibunya untuk menyumbangkan 25 cm rambutnya sebagai tanda dukungannya bagi penderita kanker. Larissa adalah satu dari puluhan pendonor rambut yang ikut dalam kampanye Hair to Share yang digelar Yayasan Kanker Indonesia dan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi kemarin, (12/2/2020).

Sebanyak 95 donatur rambut berpartisipasi dalam kegiatan donasi Hair-to-Share yang diadakan di Rumah Sakit Siloam yang fokus pada perawatan kanker ini. 25 donatur diantaranya hadir di lokasi langsung untuk melakukan pemotongan rambut, sedangkan 70 donatur lainnya mengirimkan rambutnya melalui YKI untuk kegiatan ini.

Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group mengatakan, “MRCCC Siloam Hospitals Semanggi sebagai rumah sakit yang memiliki 2 fasilitas kanker yang lengkap, senang dapat terus mendukung penanggulangan kanker baik secara suportif maupun kuratif. Program Hair-to-Share bersama YKI ini merupakan salah satu wadah suportif bagi partisipasi masyarakat yang ingin menunjukkan kepedulian terhadap pasien kanker dan rasa empati terhadap sesama.”

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP mengatakan, “Kami sangat senang dengan adanya peningkatan kepedulian masyarakat dari berbagai komunitas di Indonesia terhadap kanker, mengingat kejadian kanker di Indonesia menurut data GLOCOBAN 2018 terdapat sekitar 350.000 pasien kanker baru. Partisipasi masyarakat melalui program Hair-to- Share YKI yang telah berjalan tiga tahun ini menunjukkan bahwa setiap individu dapat mendukung penanggulangan kanker melalui peran masing-masing.”

“Kegiatan Hair To Share YKI ini telah memberi dampak dukungan positif terhadap ratusan pasien kanker sejak dicanangkan tiga tahun lalu, dimana YKI menerima rata-rata 80 donasi rambut setiap bulannya. Kami sangat senang bahwa kegiatan ini telah menginspiraso kepedulian masyarakat terhadap kanker, khususnya generasi milenial yang merupakan mayoritas pendonor rambut” imbuh Prof Aru Sudoyo

Pada acara tersebut, Prof. Aru Sudoyo dan Caroline Riady secara simbolis masing-masing memotong rambut seorang donatur, dan memberikan donasi rambut yang telah dirangkai menjadi wig kepada pasien kanker MRCCC Siloam Hospitals Semanggi yang membutuhkan. Selain itu, sebanyak 50 wig dari hasil donasi rambut yang diterima oleh YKI disumbangkan kepada pasien kanker. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.