BESTTANGSEL.COM JAKARTA- Pandemi Covid-19 telah memporak porandakan perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia. Hampir seluruh sektor usaha industri, maupun usaha kecil menengah (UMKM) mengalami kelumpuhan bahkan tidak sedikit yang mati suri.

Menjadi salah satu perusahaan yang memiliki 3 pilar tanggungjawab sosial kepada masyarakat, yakni 1. Pilar Pemberdayaan Perempuan, 2. Pilar Pendidikan dan Inovasi, 3. Pilar Kesehatan, Indosat Ooredoo juga ikut berkontribusi dalam mengatasi dampak pandemi.

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Abdulaziz A. A. Al-Neama.

Berbagai program diluncurkan Indosat Ooredoo, sebagai komitmen tanggungjawabnya pada msyarakat yang mengacu pada 3 pilar. Di antaranya, bekerjasama dengan PBB membuat Laporan “Menilai Dampak COVID-19 terhadap Gender dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia, sebagai tanggungjawab pilar Pemberdayaan Perempuan. Pada Pilar Pendidikan dan Inovasi, Indosat Ooredoo telah meluncurkan berbagai program bantuan quota internet, dan penguatan jaringan, untuk pelajar dan mahasiswa agar bisa nyaman dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sementara untuk Inovasi, Indosat Ooredoo dengan komitmen terus menyelenggarakan Virtual Hackathon untuk menumbuhkan entrepreneur baru di Indonesia, serta IWIC (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest) yang terus berkelanjutan. Sedangkan pada Pilar Kesehatan, bersama induk perusahaannya Indosat Ooredoo telah meluncurkan Mobile Clinic yang menjangkau daerah-daerah terpencil, untuk memberikan kontribusinya pada bantuan kesehatan.

Tanggungjawab sosial pilar Pemberdayaan Perempuan sejatinya telah dilakukan Indosat Ooredoo sejak 2012. INSPERA Indosat Ooredoo berfokus pada pemberdayaan ‘womenpreneurs’ di wilayah pedesaan Indonesia, dengan menawarkan pelatihan fungsional melalui penggunaan teknologi mobile sambil memberikan bimbingan dan modal kerja. INSPERA juga mengajari para perempuan Indonesia tentang kemahiran dan kemandirian dalam berbisnis. Indosat Ooredoo telah berkomitmen untuk meningkatkan jumlah perempuan yang terhubung ke mobile internet di Indonesia dari 40% menjadi 43% pada tahun 2020 (lebih dari 7 juta perempuan).

Pilar tangungjawab sosial di bidang Pendidikan dan Inovasi juga telah dilakukan Indosat Ooredoo jauh sebelum pandemi, dan program ini pun masih tetap berlanjut meski secara virtual. Sejak tahun 2006, Indosat Ooredoo telah mendorong dan mendidik generasi muda untuk berinovasi di bidang aplikasi digital nirkabel dan untuk mempromosikan dan mengembangkan inovasi ini menjadi bisnis yang sukses dan menjanjikan. Indosat Ooredoo mempunyai tujuan untuk membuat perkumpulan startup digital dan pencipta konten serta bertujuan untuk membina generasi muda sebagai technopreneurs pada masa yang akan datang.

Sementara pada Pilar Kesehatan, Indosat Ooredoo bersama perusahaan induknya, Ooredoo Grup, berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak melalui peluncuran 16 unit mobil Indosat Ooredoo Mobile Clinic, sebuah solusi untuk melayani masyarakat di daerah pedesaan, serta korban bencana alam. 16 unit Mobile Clinic, yang melayani lebih dari 770.000 orang hingga saat ini, ditempatkan di daerah untuk melayani orang-orang di sekitar mereka melalui kunjungan rutin dan terjadwal. Mobil Clinic juga beroperasi selama situasi darurat seperti bencana alam untuk memberikan pelayanan medis dan kesehatan kepada para korban. Mobil Clinic memiliki kemampuan untuk melakukan pengobatan hingga operasi kecil, yang didukung oleh tenaga medis profesional dan dilengkapi dengan peralatan medis modern. Mobile Clinic menyediakan berbagai layanan gratis kepada penerima manfaat tersebut meliputi perawatan medis, distribusi vitamin dan saran gizi, hingga pendidikan umum mengenai pentingnya hidup sehat.

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Abdulaziz A. A. Al-Neama, sebagaimana dikutip dari siaran pers Indosat Ooredoo belum lama ini mengatakan “Kami menyadari tangung jawab Indosat Ooredoo untuk membantu masyarakat. Pergeseran ke gaya hidup online ini sepertinya akan berlangsung lama, dan Indosat Ooredoo tetap berkomitmen penuh mendukung agenda digital Indonesia, yang kami harapkan akan menjadi pendorong vital bagi pertumbuhan ekonomi negara di tengah pandemi.” (As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.