BESTTANGSEL.COM, SERPONG- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) selama 2023 ini telah menjalankan seluruh fungsinya sebagai lembaga yang mewakili aspirasi rakyat Kota Tangsel selama ini.

Selama 2023 ini, ragam kerja-kerja dilakukan oleh DPRD Kota Tangsel untuk mengawasi jalannya pemerintahan agar sesuai aturan yang ada.

Tugas pengawasan, DPRD Kota Tangsel selama setahun ini rutin lakukan pengawasan seluruh kebijakan serta program kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel.

Pengawasan yang dilakukan dengan rutin gelar rapat koordinasi antara Komisi di DPRD Kota Tangsel dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra kerja.

Bahkan, Ketua DPRD Kota Tangsel, Abdul Rasyid, tidak jarang juga anggota dewan DPRD Kota Tangsel, terjun langsung ke masyarkat melakukan inspeksi mendadak untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat.

“Dalam implementasi fungsi pengawasan, DPRD telah melaksanakan empat rapat evaluasi sebagai upaya kontrol terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah Kota Tangerang Selatan,” ungkapnya.

“Dalam implementasi fungsi legislasi, lebih dari sembilan rancangan peraturan daerah telah dibahas ditetapkan menjadi peraturan daerah,” tambah politisi Partai Golkar ini.

Dari sisi anggaran, Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Iwan Rahayu mengatakan, DPRD Kota Tangsel begitu tepat waktu dalam membahas serta mengesahkan anggaran untuk pembangunan Kota Tangsel.

Pembahasan Anggaran Pendpaatan Belanja Daerah (APBD) 2023 saja selesai dibahas pada September 2023, dan APBD 2024 dapat diselesaikan tepat waktu pada November 2023.

“Dalam implementasi fungsi anggaran, terutama untuk perencanaan APBD tahun 2024 mendatang, DPRD Kota Tangsel telah mendorong peningkatan mandatory spending bidang pendidikan sebesar 21 persen dan bidang kesehatan sebesar 19,98 persen. Hal tersebut berarti bahwa tahun 2024 merupakan tahun yang cukup agresif dalam hal belanja sektor pendidikan dan kesehatan,” papar politisi PDI Perjuangan ini.

“Masih dari sisi anggaran, DPRD juga berhasil mendorong peningkatan pendapatan asli daerah. Realisasi pendapatan asli daerah tahun 2023 bahkan melampaui target yang telah ditetapkan pada tahun 2022 lalu,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Li Claudia Chandra menjelaskan, dari sisi Legislasi, Pada Propemperda 2023, DPRD bersama dengan Pemkot Tangsel mengusulkan 17 Raperda untuk dibahas di 2023.

Meski beberapa Raperda masih tertunda dan masih dalam pembahasan, namun sebagian besar Raperda itu, telah selesai dibahas dan akan menjadi aturan untuk memajukan Kota Tangsel lebih baik ke depannya.

Tidak hanya sekedar menjalankan tiga fungsi itu saja, ragam kerja-kerja penguatan lembaga juga dilakukan oleh DPRD Kota Tangsel.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel Mustopa juga mengatakan, bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), DPRD Kota Tangsel pada 2023 ini, melakukan kesepakatan bersama untuk mewujudkan DPRD Kota Tangsel sebagai lembaga yang bersih.

Bahkan jelang tahun politik 2024, DPRD Kota Tangsel juga ikut serta penguatan lembaga untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai di Kota Tangsel.

“Akhir kata, semoga perfoma yang baik di tahun 2023 ini akan terus kita capai pada tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya. (red/*)

Leave a Reply