BESTTANGSEL.COM – Delegasi dari Kota Daejeon Korea Selatan kunjungi Kota Tangerang Selatan guna mengembangkan kerja sama dalam pembentukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis sistem inovasi di Tangsel, Jumat (24/02/2017).

Rombongan yang terdiri dari 7 orang perwakilan Pemerintah Kota Daejeon, World Tehcnopolis Association (WTA), Daejeon Tehcno Park, dan Lembaga penelitian Daejeon Sejong, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Jendral WTA, Prof. Byung-Joo Kang.

Dalam kunjungan ini, Delegasi dari Kota Daejeon fokus pada persiapan menghadapi penilaian dari KOICA Indonesia (Korea International Cooperation Agency) dalam melanjutkan teknis pengembangan Science Techno Park (STP) dan pembangunan Innovation Center.

Sekretaris Jendral WTA, Prof. Byung-Joo Kang mengatakan bahwa tujuan kunjungan ini untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mengadapi penilaian yang akan dilakukan oleh KOICA Indonesia. Selanjutnya, delegasi Kota Daejeon juga ingin mengetahui sejauh mana pembangunan gedung Innovation Center.

“Kita datang kesini untuk memberikan dukungan dan masukan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oeh KOICA kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan,” ucapnya.

Selain memberikan dukungan, Pemerintah Kota Daejeon juga memberikan gambaran tentang Science Techno Park (STP) yang ada di Kota Daejeon sebagai contoh untuk dikembangan di Kota Tangerang Selatan. Karena, pengembangan STP dan pembangunan Innovation Center merupakan bagian inti yang akan ditanyakan oleh KOICA Indonesia.

Sementara, Kepala Puspiptek, Sri Setiawati, mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mengembangkan Science Techno Park (STP) dan Innovation Center.

“Puspiptek sangat mendukung project ini, kami sudah mempersiapkan segalanya dari jauh hari, mulai dari program inkubasi dan pelatihan untuk para tenant yang akan menempati gedung Innovation Center,” ujarnya

Di tempat yang sama, Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, mengatakan bahwa ia menyambut baik kunjungan ini. Kedatangan delegasi Kota Daejeon sangat membantu Kota Tangerang Selatan dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi penilaian dari KOICA Indonesia.

“Saya senang dan berterima kasih atas kunjungan dari Kota Daejeon, kunjungan ini sangat berarti bagi Pemerintah Kota Tangsel. Kami bisa belajar dari Kota Daejeon yang sudah lebih dahulu mengembangkan Science Techno Park,” terangnya.

Benyamin berharap kunjungan ini bisa menjadi motivasi untuk seluruh Kepala SKPD agar lebih mempersiapkan diri dalam membangun STP dan Innovation Center di Kota Tangerang Selatan.

“Saya berharap melalui kunjungan ini, seluruh kepala SKPD bisa lebih siap dalam menghadapi penilaian dari KOICA agar lebih maksimal dalam mengambangkan Innovation Center,” tandasnya.

 

Teks : Iyar

Foto : Iyar