BESTTANGSEL.COM, Tangerang – Digital, marketing, data, dan ilmu data science menjadi satu kesatuan penting dalam menciptakan strategi bisnis. Manfaat data kini sudah bisa dirasakan berbagai industri, termasuk digital marketing.

Menggunakan data untuk membangun strategi bisnis merupakan pilihan yang tepat, untuk meningkatkan pendapatan dan bisnis yang stabil. Data dapat mempermudah dan mempercepat perusahaan dalam merencanakan strategi bisnis. Aktivitas tersebut akan lebih maksimal jika didukung dengan ilmu data science. Dengan ilmu tersebut data akan diolah dan dianalisis, yang mana nanti hasilnya dapat digunakan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan iklan dan pemasaran yang lebih baik. Salah satu platform yang bisa menjadi sumber data adalah media sosial, karena dianggap sebagai platform yang hampir semua orang punya.

Yuk kenali manfaat data dalam digital marketing!

1. Meningkatkan Pelayanan Perusahaan
Kegiatan digital marketing dalam mengembangkan konten informatif berdasarkan kebutuhan pelanggan. Hal ini membutuhkan penggunaan data berdasarkan perilaku konsumen. Pelaku digital marketing bisa memanfaatkan data pada file cookie untuk membaca pola perilaku konsumen. File cookie merupakan kumpulan informasi tentang aktivitas konsumen di internet. Dengan memanfaatkan data ini, digital marketing dapat dilakukan secara efektif karena langsung tepat sasaran dalam menentukan keinginan konsumen. Selain itu, melalui data yang diperoleh dari kumpulan ulasan konsumen terhadap produk perusahaan, dapat menjadi acuan untuk meningkatkan pelayanan bisnis perusahaan.

2. Menentukan Cara Promosi yang Tepat
Digital marketing merupakan salah satu teknik penting untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan. Dengan data, digital marketing dapat membantu perusahaan dalam menentukan harga dan promosi produk sesuai dengan keinginan pelanggan. Data yang dibutuhkan berupa data penjualan, dari data tersebut bisa dilihat kecenderungan konsumen dalam memakai produk atau layanan. Dengan begitu, konsumen akan puas dan memakai kembali produk atau layanan perusahaan.

Pemanfaatan data pelanggan secara demografis dan kebutuhan pelanggan, akan memberikan peluang dalam menjangkau konsumen baru. Selain itu, Personalisasi customer dapat mengirimkan penawaran produk sesuai dengan target, baik melalui pesan atau email.

3. Membuka Peluang Inovasi Bisnis
Semakin menerapkan data, perusahaan akan semakin unggul. Hasil dari data yang diolah, akan menghasilkan insight baru dan berharga. Dari insight tersebut, muncul evaluasi sekaligus inovasi produk. Dari inovasi itu lah, bisa terbentuk suatu produk yang diharapkan pelanggan. Sehingga perusahaan bisa terus berkembang dengan membuat strategi bisnis berdasarkan insight tersebut. Dengan begitu, perusahaan akan lebih unggul dan mampu bersaing dengan lainnya.

4. Ciptakan Digital Marketing yang Melek Data
Di era digital seperti ini, sebagai pelaku digital marketing harus memiliki pemikiran yang cepat tanggap dalam menghadapi customer. Dengan memanfaatkan data dan menguasai ilmu data science kegiatan digital marketing akan sangat terbantu. Mulai belajar data science untuk digital marketing di https://dqlab.id

(Red/rlls)

Leave a Reply