BESTTANGSEL.COM, PALEMBANG-Peran orang tua adalah penting dalam kaitannya dengan anak yaitu pada saat setelah mobilisasi para orangtua dan saat kembali kerumah, bertemu dengan buah hatinya bahkan pada saat berdekatan dengan mereka. Anak sangat rentan terpapar Covid-19 dari Orangtuanya.

Forum edukasi yang menggaet ratusan viewer ini juga dipenuhi dengan tanya jawab, yang sangat membantu wawasan terutama bagi para orangtua dalam menyingkapi keadaan Pandemi seperti sekarang ini.

Data meningkatnya pasien usia anak yang terpapar Covid 19 di Indonesia  terkonfirmasi dengan pernyataan dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) beberapa waktu lalu di pelbagai media.

Dimulai dengan himbauan kepada para orangtua yang harus mendisiplinkan diri dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 ini, di antaranya dengan, menggunakan masker, mencuci tangan, physical distancing.

dr. Irwan Effendy, Sp. A, M. Biomed, Dokter Spesialis Anak dari Siloam Sriwijaya Palembang, menjelaskan dalam berbagai survey menyatakan usia anak sangat mungkin menjadi OTG (orang tanpa gejala) dan CARRIER, selain melalui droplet anak-anak juga dapat menularkan covid melalui “feses” (kotoran BAB) .

Gejala Anak, terpapar Covid seperti batuk, pilek, demam disertai diare hendaknya langsung dikonsultasikan ke dokter dibantu dengan pengobatan dan isolasi dirumah. Apabila gejala semakin bertambah disertai sesak napas, tidak mau makan, demam tinggi bahkan diare yang berlebihan, segera dibawa ke Rumah Sakit, dengan tetap menjalanlan protokol kesehatan yang sangat sering kita dengar dimasa pandemi Covid-19 ini.

Asupan Vitamin C dan D yang cukup sangat dianjurkan kepada anak sebagai peningkatan Imun dalam mencegah terpapar Covid-19. Vitamin C selain dari Sayuran dan buah buahan yang juga bisa didapat dari vitamin kemasan yang beredar. Vitamin D adalah sinar matahari yang juga harus bisa didapatkan anak dengan menjauhi keramaian.

Pada anak dianjurkan mengurangi kontak dengan Keramaian, apalagi tanpa physical distancing yang benar, sangat beresiko penularan virus tersebut.

Ditutup dengan himbauan kepada orangtua untuk melindungi buah hati dimasa pandemi, adalah istilah MCOVID dari dokter speasialis anak ini yaitu :
Masker digunakan jika harus keluar rumah, Cuci tangan sering, Obati jika terserang penyakit, Vaksinasi, Imunitas ditingkatkan, dan jaga jarak (Social Distancing).

Beliau juga menginformasikan, Vaksinasi pada anak harus terus dijalankan dan RS Siloam Hospital Groups masih terus memberikan pelayanan vaksinasi anak secara  “drive thru” yang diharap dapat membantu si Anak dalam menghindari keramaian yang rentan menjadi resiko penularan Covid-19.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.