BESTTANGSEL.COM, TANGERANG-Industri teknologi digital berkembang pesat di masa pandemi Covid-19, mengingat beragam aktivitas fisik kini beralih ke virtual dan online melalui komputer atau smartphone. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyadari hal itu, sehingga perkembangan industri tersebut harus dikawal dengan baik. Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, saat mengunjungi Apple Developer Academy di BSD pada Kamis, (23/7).

“Kami berharap Apple Developer Academy bisa terus mendukung kita menuju Indonesia 4.0 karena banyak sektor masih belum bersentuhan dengan teknologi digital. Kami sangat yakin inovasi berbasis teknologi dapat membuat industri menjadi lebih efisien sehingga daya saing kita menjadi lebih kuat,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Lanjut Menteri Agus, “Kami berharap alumni Apple Developer Academy dapat memberikan kontribusi untuk ekonomi digital negara, khususnya dengan lokasi di BSD City yang merupakan hub antara digital talent dengan industri,” imbuhnya.

Beliau juga menambahkan agar SDM sektor industri dapat mengakselerasi kemampuan di bidang digital dengan turut mengikuti pembelajaran intensif di Apple Academy. “Saat ini Kemenperin gencar mendorong daya saing industri, di antaranya adalah menambah keahlian di bidang digitalisasi kepada SDM industri.”

Sementara itu, Project Leader Digital Hub Sinar Mas LandIrawan Harahap, perusahaan melalui Digital Hub terus memfasilitasi pendidikan, komunitas, dan bisnis digital, termasuk di Apple Developer Academy. “Ini merupakan wujud keseriusan kami dalam mengembangkan integrated smart digital creative city,” ujarnya.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita (ketiga dari kanan), Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, Taufik Bawazier (kedua dari kanan), Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe (paling kanan), Manager Government Affair South East Asia Apple, Mirza Natadisastra (ketiga dari kiri), Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih (kedua dari kiri), dan Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap (paling kiri).

Apple Developer Academy merupakan wadah pengembangan talenta digital yang dibangun oleh Apple Inc dan didukung Sinar Mas Land. Sekolah coding ini membekali para siswanya dengan tiga kemampuan utama, yakni teknikal, bisnis, dan desain. Apple Developer Academy memiliki visi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang mampu  mengembangkanaplikasi dan teknologi dalam memecahkan permasalahan sosial berbasis operating system dari Apple.

Di tengah pandemi Covid-19, proses pembelajaran kepada 200 siswa batch keempat di Apple Developer Academy BSD City tetap berlangsung secara online  dan dibimbing oleh mentor pilihan Apple Inc. Apple Developer Academy BSD City juga sedang mempersiapkan pendaftaran dan seleksi siswa baru untuk angkatan selanjutnya yang akan mulai belajar di awal tahun depan.

Sinar Mas Land saat ini tengah menggarap Digital Hub, sebuah area yang ditujukan untuk komunitas digital, mulai dari startup companyinstitusi pendidikan yang bergerak di bidang IT hingga perusahaan multinasional berbasis teknologi.  Digital Hub memiliki area seluas 25,86 hektare dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City.

Saat ini sejumlah perusaahan yang bergerak di bidang IT telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Grab Indonesia, Huawei, Sales Stok, Ev Hive, Orami dan akan direlokasi ke kawasan Digital Hub ketika pembangunan proyek tersebut telah selesai. Sejumlah institusi pendidikan di bidang coding juga telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Creative Nest dan Purwadhika. Keberadaan institusi tersebut berguna untuk men-supply para tenaga developers ke sejumlah perusahaan nasional dan multinasional berbasis teknologi. (rlls/Ast)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.