Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursidan Baldan membuka gerai “Ngabuburit Services se-Banten Raya” di AEON Mall,  (12/6/2016).IMG-20160611-WA0005

Fery mengatakan, Program yang digelar sepanjang bulan suci Ramadan di hari Sabtu dan Minggu pada pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah dan lain-lain.

“Masyarakat untuk mengurus sertifikat tidak harus ke kantor kami, masyarakat bisa langsung ke sini,” kata Feri usai meresmikan Ngabuburit Services di mall Aeon.

Fery mengaku, semua BPN memiliki konsep pelayanan yang disajikan menggunakan ruang terbuka‎ (out door). Sejak siang, sejumlah warga pemohon yang datang dari berbagai wilayah langsung menyerbu dan antri ke meja pelayanan.

“Cepat kok, cuma lima menit sudah jadi,” kata Fery.

Selain itu, Kepala BPN Kabupaten Tangerang Sudaryanto mengatakan, untuk memberikan pelayanan ke masyarakat diisini juga membuka lima jenis layanan yang dibuka selama program ini diselenggarakan. Yakni, Peningkatan Hak dari HGB ke Hak Milik, Hapusnya Hak Tanggungan atau Roya, Pengecekan Sertifikat Hak Atas Tanah, Surat Keterangan Pendaftaran Hak Atas Tanah serta Informasi dan Konsultasi.

“Untuk masyarakat silahkan datang ke Mall Aeon. tetapi bawa persyaratan yang akan di urus,” kata Sudaryanto.

Dalam program layanan ini merupakan hasil kerja sama delapan kantor BPN kabupaten/kota se-Banten. Antara lain, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, dan Kabupaten Serang. (IR)

 

TEKS/ EDITOR : Iyar/ Bani Ramadhan

FOTO : Iyar