BESTTANGSEL.COM, ALAM SUTERA- Berkunjung ke Sumatera Barat, belumlah lengkap jika tidak mencicipi Sate Mak Syukur. Namun, kini anda tak perlu jauh-jauh ke Sumatera hanya untuk menikmati Sate khas Padang Panjang tersebut. Sebab, Sate Mak Syukur kini sudah tersedia di kawasan Serpong dan sekitarnya.

“Di Serpong kami hadir di Pasar 8 Alam Sutera, ada juga cabang lain di Tangerang yakni di Aeon BSD, dan Fresh Market Bintaro,” tutur Mahyudin Syukur, generasi kedua penerus Sate Mak Syukur.

Tahun 1998, Mahyudin membawa resep Sate Mak Syukur sang orang tua ke Jakarta. “Kalau di Padang sendiri kami sudah ada sejak tahun 1941, sebelum Indonesia merdeka,” ujar Mahyudin sambil tertawa kecil.

Dari Jakarta, Mahyudin terus mengepakkan sayap berekspansi ke daerah lain. Tangerang, Bekasi dan Bogor pun jadi incaran. “Sate Mak Syukur banyak buka di mal, sayangnya ketika pandemi mal banyak yang tutup yang berimbas ke Kedai Sate Mak Syukur. Dari 16 cabang sebelum pandemi menurun jadi 11 Cabang, termasuk yang baru kami buka di Pasar 8 Alam Sutera ini,” papar Mahyudin.

Bersama istri tercinta, Ita, Mahyudin tak pernah merubah cita rasa Sate Mak Syukur, bahkan ciri khas irisan daging yang super besar dan empuk pun tak pernah berubah.

“Bumbu Sate Mak Syukur terbuat dari rempah-rempah asli, warna bumbunya pun kuning bukan merah karena tidak ada penambahan pewarna. Irisan daging meski besar, tetapi tetap empuk, ini adalah ciri khas Sate Mak Syukur,” papar Mahyudin.

Ita, yang merupakan menantu Mak Syukur bercerita bahwa, sebagaimana mertuanya, Ita dan Suami tetap berpegang teguh pada resep warisan yang diturunkan kepadanya. “Kualitas dan cita rasa Sate Mak Syukur tetap sama di manapun kedainya berada, karena Sate Mak Syukur dibuat pada satu dapur, untuk menjaga kualitas dan rasa,” ucap Ita.

Berbeda dengan Sate Padang lain, Sate Mak Syukur hanya menggunakan daging dan lidah sapi sebagai bahan baku pembuatan satenya. “Di kami hanya daging dan lidah, tidak menggunakan jantung sapi,” ungkap Ita.

Satu porsi Sate Mak Syukur berisi 7 tusuk sate dan 1 ketupat dibandrol dengan harga Rp45.000. “Seminggu ini Kedai Sate Mak Syukur Pasar 8 Alam Sutera memberikan diskon 10% untuk setiap porsi makanan yang di pesan, baik itu Sate, Soto, nasi goreng ataupun mie goreng khas Padang, semua diskon 10%,” ujar Arin, anak dari Mahyudin dan Ita, menambahkan.

Tidak hanya menyajikan cita rasa makanan khas Padang yang otentik, Kedai Sate Mak Syukur Pasar 8 Alam Sutera juga menawarkan kenyamanan saat bersantap dengan ruangan bersih, dengan suhu ruangan yang sangat sejuk di Lantai 2. “Kami ingin pengunjung bisa makan dengan nyaman, dan betah berlama-lama disini,” papar Arin.

Arin berharap semoga dengan dibukanya Sate Mak Syukur di Pasar 8 Alam Sutera bisa mengobati rasa kangen pelanggan yang berada di kawasan Serpong dan sekitarnya. “Alhamdulillah respon pelanggan mulai tampak, target kami bisa menjual 100 porsi sate per hari, amiin,” tutup Arin yang diamini oleh sanak keluarga yang hadir di pembukaan Sate Mak Syukur Pasar 8 Alam Sutera, kemaren, Kamis (09/12). (RED/*)

Leave a Reply