BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Ita Lusnita, salah seorang warga keturunan Tionghoa ini tampak sibuk mempromosikan barang dagangannya berupa produk daur ulang. Ita adalah warga BSD City yang aktif dalam program pelatihan keterampilan di Rumah Pintar BSD. Bersama para ibu lainnya, Ita hadir berpartisipasi meramaikan “Gebyar Kemerdekaan RI ke-73” yang diselenggarakan oleh Sinar Mas Land di Rumah Pintar BSD City, Tangerang Selatan pada hari ini, Sabtu, (18/08/2018).

Gebyar Kemerdekaan RI ke-73 merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land.

“Kegiatan ini bagian dari program CSR Sinar Mas Land di bidang Pendidikan dan pelatihan. Untuk itu kami banyak melibatkan anak-anak sekolah dan kaum ibu yang selama ini mengikuti pelatihan di Rumah Pintar BSD,” tutur Kepala Divisi CSR Sinar Mas Land, Idham Mukhlis.

Idham menjelaskan, “Sejak resmi hadir di 2014, adalah wadah kreatifitas dan bermain positif yang akan mencerdaskan anak-anak, dan masyarakat. Selain itu, Rumah Pintar BSD juga telah banyak memfasilitasi kegiatan dari warga untuk warga, dengan tujuan membuat masyarakat menjadi guyub serta mengenal satu dengan yang lain. Hal ini sejalan dengan misi Rumah Pintar BSD City untuk menjadi community centre atau pusat kegiatan masyarakat di wilayah BSD City sekitarnya.”

Ita Lusnita, tampak memamerkan pohon angpau yang terbuat dari limbah plastik, hasil karyanya sendiri.

Rumah Pintar BSD City dibangun Sinar Mas Land di Sektor 1-3 BSD City, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Ini adalah Rumah Pintar pertama dan satu-satunya Rumah Pintar yang dikelola oleh perusahaan pengembang di Indonesia. Bahkan Rumah Pintar ini juga menjadi satu-satunya rumah pintar yang menyelenggarakan pelatihan bahasa isyarat bagi penyandang tunarungu dan wicara. Pelatihan dilaksanakan bekerjsama dengan Gerakan Tuli Indonesia (Gerkatin) Cabang Tangerang Selatan.

“Rumah Pintar BSD City memiliki enam sentra yaitu Sentra Komputer, Sentra Bermain, Sentra Kriya, Sentra Buku, Sentra Anggrek, dan Sentra Audio Visual Panggung. Setiap hari kecuali tanggal merah, kami mengadakan kegiatan pelatihan baik untuk anak-anak maupun orang tua, seperti pelatihan memasak, membuat barang kerajinan dari sampah yang bisa di daur ulang, menjahit, dan lain sebagainya. Semua gratis, masyarakat tidak harus membayar,  karena sudah ditanggung oleh Sinar Mas Land,” ungkap Idham.

Merasakan manfaat yang didapat dari Rumah Pintar, Ita Lusnita memberikan testimoninya, “Sudah 2 tahun saya belajar di Rumah Pintar BSD. Saya berlatih membuat barang kerajinan tangan dari limbah plastik, yang bisa dijual kembali sehingga bisa menambah income. selain itu dengan aktif di rumah pintar, saya bisa saling mengenal satu sama lain, dan menjalin silaturahmi yang baik khususnya bagi warga BSD City,” tutup Ita.

 

Asri

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.