BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Dalam  rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Rumah Pintar BSD City menyelenggarakan kegiatan “Gebyar Kemerdekaan RI Ke-73”. Acara tahun ini mengusung konsep keragaman dan kesatuan budaya, khususnya budaya yang hidup dan berkembang di masyarakat Tangerang, yaitu budaya Sunda, Betawi, Cina dan Jawa. Kegiatan yang dilaksanakan untuk kali ketiga ini mengangkat tema “Persatuan dalam Keberagaman”, diselenggarakan di area panggung terbuka Rumah Pintar BSD City, Sektor 1.3, BSD City, Sabtu (18/8).

Direktur PT BSD TBk Syukur Lawigena mengatakan, penyelenggaraan Gebyar Kemerdekaan RI ke-73 merupakan wujud penghargaan atas jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan mempertahankan kesatuan negara Republik Indonesia.

Pembukaan acara Gebyar Kemerdakaan RI ke-73 yang digelar di Rumah Pintar BSD City oleh CSR bidang pendidikan Sinar Ma Land, Maria Chatarina.

“Berdasarkan tema yang diusung, maka kami telah menyiapkan berbagai rangkaian acara yang selaras dengan semangat “Persatuan dalam Keberagaman”, seperti lomba sepeda hias dan lomba busana daerah yang diharapkan dapat merangsang kreatifitas anak. Lomba kuliner dan lomba stand budaya yang diikuti oleh ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar wilayah BSD City,” terang Syukur.

Untuk menambah kemeriahan acara, lanjut Syukur, panitia juga menggelar beragam permainan dan hiburan untuk anak-anak, dengan melibatkan komunitas masyarakat dan sekolah-sekolah yang selama ini menjadi bagian dan mitra kerja CSR Sinar Mas Land.

“Kegiatan ini merupakan ajakan kepada masyarakat untuk memahami dan menghargai kemajemukan budaya bangsa Indonesia, sebagai bentuk keprihatinan bersama akan kenyataan yang terjadi saat ini, dimana generasi muda tidak lagi mengenal bahkan mulai meninggalkan budaya bangsanya,” tegas Syukur.

Gebyar Kemerdekaan Ri ke-73 yang diselenggarakan Rumah Pintar BSD City, diharapkan akan menjadi ajang sosialisasi dari sejumlah pelatihan atau workshop yang diselenggarakan Rumah Pintar BSD City, sekaligus menjadi pentas dan arena bermain bagi anak-anak anggota Rumah Pintar BSD City maupun warga sekitar.

Rumah Pintar BSD City memfasilitasi kegiatan dari warga untuk warga, dengan tujuan membuat masyarakat menjadi guyub serta mengenal satu dengan yang lain. Kegiatan ini juga menjadi wadah kreatifitas dan bermain yang positif serta mencerdaskan anak-anak. Hal ini sejalan dengan misi Rumah Pintar BSD City untuk menjadi community centre atau pusat kegiatan masyarakat di wilayah BSD City dan

Pertunjukan angklung dan pantomim oleh siswa-siswi SMP binaan Rumah Pintar BSD City.

Rumah Pintar BSD City yang dibangun Sinar Mas Land berlokasi di Sektor 1-3 BSD City, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Rumah Pintar BSD City merupakan satu-satunya Rumah Pintar yang diselenggarakan dan dikelola perusahaan pengembang di Indonesia. Rumah Pintar BSD City diresmikan Ibu Negara Ani Yudhoyono pada Mei 2014, dan dibuka untuk masyarakat secara simbolis oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Juni 2014.

Rumah Pintar BSD City memiliki enam sentra yaitu Sentra Komputer, Sentra Bermain, Sentra Kriya, Sentra Buku, Sentra Anggrek, dan Sentra Audio Visual Panggung. Fokus Rumah Pintar yaitu memberikan kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan jamak dan pendidikan karakter melalui pendekatan yang menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini.

Rumah Pintar BSD City juga menjadi satu-satunya rumah pintar yang melaksanakan pelatihan bahasa isyarat bagi penyandang tunarungu dan wicara. Pelatihan dilaksanakan bekerjsama dengan Gerakan Tuli Indonesia (Gerkatin) Cabang Tangerang Selatan.

Sedangkan untuk pembekalan ketrampilan bagi para ibu rumah tangga dan remaja, adalah bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan bahkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga. Hal inilah yang mendorong Perusahaan mengintegrasikan pembangunan dan pengoperasiannya ke dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.