logo-porkot-tangselBESTTANGSEL.COM- Pekan Olahraga Kota (PORKOT) Tangerang Selatan yang akan digelar pada 15-20 Oktober 2016 di Tangsel, ditandai dengan peluncuran maskot dan logo PORKOT, di RM Telaga Seafood BSD Serpong pada Selasa (27/09/2016).

Peluncuran logo PORKOT dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang Selatan yang dihadiri oleh Ketua KONI Rita Juwita, Sekretaris Umum Mulyanto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Chaerudin serta perwakilan Kecamatan dan pengurus cabang olahraga.

Dalam pelaksanaan porkot Tangsel 2016 nanti, akan diselenggarakan di Kecamatan Serpong Utara yang terpilih sebagai tuan rumah berdasarkan hasil undian yang telah dilakukan.

Ketua KONI Kota Tangerang Selatan Rita Juwita mengatakan, perhelatan PORKOT 2016 merupakan yang pertama bagi KONI. Sebelumnya, Porkot 2012 diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Ini agenda empat tahunan,” katanya.

PORKOT akan mempertandingkan 18 cabang olahraga. Di antaranya, Atletik, Balap Motor, Balap Sepeda, Bulutangkis, Bridge, Catur, Dayung, Karate, Menembak, Muaythai, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Sepatu Roda, Taekwondo, Tenis, Tenis Meja dan Tinju.

Tujuan dari PORKOT Sebagai wadah pembinaan sekaligus untuk mengevaluasi olahraga prestasi yang dilakukan oleh KONI Kota Tangerang Selatan dan Pengurus Olahraga se-Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, ajang ini sebagai arena pemantauan dan seleksi bagi Atlit Prestasi berbakat dan potensial untuk dipersiapan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) V di Kabupaten Tangerang tahun 2018.

“Ini pun untuk seleksi atlet yang akan dikirim pada Porprov 2018,” ujarnya Rita.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Selatan Chaerudin mengatakan, pihaknya melarang atlet dari luar kota setempat untuk menjadi peserta pada Pekan Olahraga Kota (Porkot). Jika ketahuan, bakal didiskualifikasikan. “Kita bertanding harus fair,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, PORKOT ini akan menjadi ajang seleksi atlet untuk dikirim ke Porprov Banten. Saat ini banyak atlet asal Kota Tangsel yang meraih prestasi, salah satunya di gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung pada tahun ini.

“Seratus lebih atlet dari Kota Tangsel bertanding di PON mewakili Provinsi Banten,” pungkasnya.

 

Teks : Iyar

Foto : Istimewa