(kiri-kanan) Ustaz Afif Zakaria (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia – Kota Balikpapan), Ustaz Muhammad Taslim (Penemu Metode Mama Papa), Ahmari Shidik (Direktur Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran – Kota Balikpapan), dan Samsul Hidayat (Perwakilan Yayasan Muslim Sinar Mas Land dan Sinar Mas Land) dalam acara pelatihan atau Training of Trainers (ToT) cara cepat membaca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa pada Minggu (24/7) di Balikpapan Islamic School, Balikpapan, Kalimantan Timur.

BESTTANGSEL.COM, BALIKPAPAN- Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land memberikan pelatihan atau Training of Trainers (ToT) cara cepat membaca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa. ToT merupakan salah satu agenda kegiatan dari program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2022. Acara ini diikuti oleh 150 ustaz/ustazah dan guru mengaji dari 50 masjid yang berada di wilayah Kota Balikpapan. Kegiatan itu dilaksanakan Minggu (24/7) di Balikpapan Islamic School, Balikpapan, Kalimantan Timur. Program BBQ 2022 bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Balikpapan dan Yayasan Mama Papa.

Ratusan ustaz/ustazah dan guru mengaji tersebut mengikuti ToT sebanyak empat kali sejak dari Juni-Juli 2022. Dalam tiap pertemuan, para ustaz dan guru mengaji mendapatkan pelatihan intensif selama 3 jam menggunakan metode pengajaran Mama Papa. Selama pelatihan, para peserta juga dibekali buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode tersebut. Selanjutnya, ustaz atau guru mengaji tersebut diwajibkan menerapkan metode tersebut dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada jemaah dan murid mereka.

Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Land – Bambang Setiawan mengatakan, “Program BBQ merupakan agenda rutin tanggung jawab perusahaan di bidang keagamaan. Kami bekerja sama dengan BKPRMI dan Yayasan Mama Papa memiliki visi yang selaras yakni meminimalisir jumlah buta aksara Al-Qur’an di Tanah Air. Semoga program ini dapat memotivasi umat muslim di Indonesia untuk memperdalam kemampuan mereka membaca Al-Qur’an sehingga dapat dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Tahun ini merupakan kali keempat sejak diluncurkan pertama kali pada 2018. Setelah sukses dengan program BBQ tahun 2018, 2019, 2021, dan 2022 sudah memberikan Training of Trainers kepada 894 ustaz dan guru mengaji dari 249 masjid/musala/TPA di BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan. BBQ 2022 diluncurkan pada 24 April dan akan ditutup bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober.

Pada acara tersebut akan diselenggarakan lomba baca Al-Qur’an antar anak didik dari 50 masjid yang telah mengikuti program BBQ dengan kategori usia 4-15 tahun dan total hadiah sebesar Rp42 juta. Pada tahun-tahun sebelumnya, puncak acara BBQ yakni lomba baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa diikuti 3.404 murid Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di sekitar kawasan BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. Program BBQ dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan sosial keagamaan bagi warga masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land. (Red/*)

Leave a Reply