BESTTANGSEL.COM, Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro memberikan apresiasinya kepada Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Sebab, melalui Penginderaan Jauh LAPAN, Bappenas dapat melakukan prioritas pembangunan nasional 2018 untuk pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas. Apresiasi tersebut dikatakan saat menghadiri seminar Seminar Nasional Penginderaan Jauh (Sinas Inderaja) pada Selasa, 31 Juli 2018 di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat.

Seminar yang bertema Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Target-Target Prioritas Pembangunan Nasional tersebut selain dihadiri oleh peneliti dan perekayasa, juga dihadiri oleh akademisi dan praktisi di Indonesia.

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin mengatakan, “Penginderaan jauh memiliki peran yang sangat penting bagi pembangunan bangsa. Mengingat pentingnya peran tersebut, LAPAN telah mengembangkan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional dan Sistem Pemantauan Bumi Nasional sebagai upaya untuk mengoptimalkan penyediaan data dan informasi secara cepat, akurat, dan mudah.”

Thomas melanjutkan, “Data penginderaan jauh tersebut diperoleh dari satelit. Data tersebut kemudian digunakan oleh kementerian, lembaga pemerintah, dan pemerintah daerah dalam berbagai bidang terutama untuk menunjang pembangunan nasional.”

Menurut Thomas saat ini sudah banyak lembaga yang memanfaatkan data satelit tersebut.

“Contoh pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh tersebut yaitu di bidang perumahan dan pemukiman. Data dan informasi tersebut digunakan untuk pemetaan wilayah guna perencanaan pembangunan perumahan atau pemukiman. Di bidang pengembangan dunia usaha dan pariwisata, penginderaan jauh digunakan untuk pemetaan Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Industri Prioritas. Di bidang ketahanan pangan, data tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan lahan baku sawah, prediksi luas panen, serta pemetaan jaringan irigasi. Selain itu, data penginderaan jauh juga memiliki peran yang besar dalam pembangunan infrastruktur dan penanggulangan bencana,” jelas Thomas.

Terkait dengan seminar tersebut, Thomas berharap tema yang diusung dapat terus berkontribusi nyata dalam mendukung pencapaian target-target prioritas pembangunan nasional di Indonesia pada 2018 dan tahun-tahun mendatang.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.