Business Group Head Siloam Hospitals Group Amelia Hendra, dan Wakil Menteri Kesehatan Urusan Pengembangan Kesehatan Strategis Timor-Leste Bonifacio Mau Coli dos Reis, Lic. SP., menandatangani kerjasama bilateral layanan kesehatan, Jumat (09/08).

BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Siloam Hospitals Group dan Timor-Leste kembali melakukan sinergi melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) terkait kerja sama dalam penyediaan pelayanan kesehatan bagi pasien rujukan. Mewakili kedua belah pihak adalah Business Group Head Siloam Hospitals Group Amelia Hendra dan Wakil Menteri Kesehatan Urusan Pengembangan Kesehatan Strategis Timor-Leste Bonifacio Mau Coli dos Reis, Lic. SP. MoU ini secara umum akan mengatur mengenai kerjasama pelayanan kesehatan bagi pasien rujukan, meliputi rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, pemeriksaan diagnostik, serta konsultasi digital.

Turut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut Diplomat Timor-Leste untuk Indonesia Rui Manuel Guterres Mendonca, Deputy President Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady, Direktur Nasional Pelayanan Rumah Sakit dan Emergency Timor-Leste dr. Horacio Sarmento da Costa, Kepala Departemen Kerja Sama Bilateral Kementerian Kesehatan Timor-Leste Ivo Ireneu da C. Freitas, serta jajaran manajemen Siloam Hospitals Group.

Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady (berbatik), saat menyerahkan plakat kerjasama kepada Wakil Menteri Kesehatan Urusan Pengembangan Kesehatan Strategiskesehatan Timor-Leste, Bonifaciou Mui Coli dos Reis, Lic. SP.

“Kerja sama ini merupakan bentuk kontribusi dari Siloam Hospitals kepada bangsa dan negara sejalan dengan usaha pemerintah Indonesia yang terus melakukan pengembangan dan inovasi terhadap produk dan pelayanan dari negeri Indonesia untuk dapat diperkenalkan dan dipromosikan kepada negara-negara tetangga, termasuk pelayanan kesehatan,” ujar Caroline Riady.

Terwujudnya kerja sama pelayanan kesehatan yang diberikan Siloam Hospitals Group kepada Timor-Leste sebagai negara tetangga terdekat ini juga akan semakin memudahkan masyarakat Timor-Leste untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas internasional.

“Sebagai negara yang baru berkembang, Timor-Leste sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari negara tetangga terdekatnya, yaitu Indonesia. Kami sangat mengapresiasi Siloam Hospitals Group sebagai penyedia pelayanan kesehatan terbaik di Indonesia yang selama ini menunjukkan kesungguhan dan komitmen kuat dalam memberikan pelayanan terbaiknya terhadap warga Timor-Leste, baik yang datang dari kota maupun pelosok,” kata Bonifacio Mau Coli dos Reis, Lic. SP.

Selain fasilitas kesehatan berkualitas yang dimiliki Siloam Hospitals Group, menurut Bonifacio, kesamaan bahasa yang digunakan di Indonesia dan Timor-Leste juga menjadi salah satu faktor penunjang kembali diperpanjangnya kerjasama tersebut.

“Adanya kesamaan bahasa antar kedua negara   telah mempermudah komunikasi antara pasien maupun dokter pendamping dengan para dokter di Siloam Hospitals. Namun demikian, tentu saja pelayanan kesehatan berkualitas yang ada di Siloam Hospitals merupakan faktor utama jalinan kerjasama ini,” imbuhnya.

Menurut Bonifacio, nantinya tidak hanya menjadi rumah sakit rujukan, Siloam Hospitals juga diharapkan dapat menjadi tempat pelatihan bagi dokter-dokter yang ada di Timor-Leste.

Siloam Hospitals Group dan Timor-Leste telah merintis kerja sama ini sejak tahun 2014 dengan melibatkan beberapa rumah sakit di jaringan Siloam Hospitals Group seperti Siloam Hospitals Asri, Bali, Kebon Jeruk, Kupang, Lippo Village, Surabaya, dan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

“Dari tahun 2018 hingga pertengahan 2019, tercatat peningkatan pasien sebesar 419% yang datang berobat ke Siloam Hospitals Group dengan berbagai kasus. Peningkatan signifikan ini juga menunjukkan bahwa ada kebutuhan akan pelayanan kesehatan di Timor-Leste yang lebih spesialistik dan terpadu,” jelas Amelia Hendra.

Dengan visi menyediakan layanan kesehatan dengan kualitas internasional dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam skala nasional yang berlandaskan kasih Ilahi, Siloam Hospitals Group terus fokus untuk dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menikmati dan mendapatkan fasilitas kesehatan berkualitas, salah satunya dengan berinvestasi pada pengembangan rumah sakit baru di beberapa kota di Indonesia.

Siloam Hospitals Group juga mengembangkan kemampuan intelektual dengan berinvestasi pada sumber daya manusia yang handal, teknologi baru, termasuk sistem informasi yang canggih serta sistem manajemen operasional yang inovatif.

“Dalam setahun Timor-Leste mendanai sekitar 5.000.000 $US untuk pengobatan warga negaranya, tentu saja ini peluang bagi Indonesia untuk menambah devisa,” tutup Amelia.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.