BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Perempuan Berbicara Inovasi, menjadi tema dalam Short Movie Competition (PSMC) yang dihelat di ajang Puspiptek Innovation Festival 2019 (PIF) berlangsung mulai 3-6 Oktober 2019. PSMC yang menyoroti aktivitas dan hasil karya inovasi peneliti perempuan yang berada di kawasan Puspiptek  tersebut, merupakan kompetisi pembuatan film pendek pertama yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang merupakan naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Di PIF 2019 kami mengambil film sebagai salah satu yang dilombakan, hal ini karena saat ini masyarakat lebih senang nonton film ketimbang membaca buku. Jadi kita ingin PIF ini bisa diterima oleh seluruh masyarakat, untuk itu agar menyesuaikan dengan apa yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini,” tutur Kepala Puspitek Dr.Ir Sri Setiawati, M.A di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Selasa, 1 Oktober 2019.

“Melalui film yang menceritakan tentang inovasi teknologi ini diharapkan makin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan hasil inovasi tersebut, atau paling tidak mereka tahu bahwa di Puspiptek sudah tersedia berbagai hasil inovasi anak bangsa,” ujar Sri.

Puspiptek Short Movie Competition adalah Pra Event rangkaian acara Puspiptek Innovation Festival 2019 (PIF 2019) berupa kompetisi pembuatan film pendek yang diperuntukan bagi siswa SMA/ SMK/ MA/ sederajat dan Mahasiswa.

PSMC terdiri dari dua tahapan seleksi yaitu seleksi awal yang diadakan mulai tanggal 24 Juli 2019 – 20 September 2019. Pada seleksi awal telah dipilih 10 TIM Finalis untuk masuk ke babak seleksi Final. 10 Tim finalis terpilih berasal dari SMK Umar Fatah Rembang, SMK Negeri 2 Depok Sleman, SMA Negeri 1 Kuta, SMA Pradita Dirgantara, SMK Sahid Jakarta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Jambi, Universitas Tidar.
Pada saat seleksi final, finalis akan mengikuti workshop dan karantina selama 5 hari yang dilaksanakan mulai tanggal 29 September 2019 sampai dengan 3 Oktober 2019 dimana mereka akan membuat film pendek berdurasi 3 menit dan berkolaborasi dengan peneliti perempuan Indonesia.

Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 akan berlangsung dari tanggal 3-6 Oktober 2019 bertempat di Puspiptek, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). (asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.