BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Sebagai bentuk semangat kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, hari ini Minggu, 2 September 2018, Giant bersama warga RW 02 Pondok Jaya mengadakan aktivitas seru bertajuk “SEMARAK RW GAUL (Giant Aksi Untuk Lingkungan)” di Lapangan Bola RT 04/02 Pondok Jaya, Tangerang Selatan. Semarak RW GAUL merupakan sebuah rangkaian kegiatan aktivitas warga RW 02 Pondok Jaya yang dilakukan dengan berbagai kegiatan seru seperti Lomba Jalan Sehat dengan Pungut Pilah Sampah, Lomba bercerita Komposter, dan Lokakarya dari barang bekas.

“Kami sangat senang melihat semangat dan motivasi dari warga RW 02 Pondok Jaya dalam melakukan berbagai aksi kepedulian lingkungan, untuk itu sejak tahun 2017 kami bekerjasama dengan Labtanya untuk mensosialisasikan gaya hidup ramah lingkungan melalui program RW GAUL,” Ungkap Tony Mampuk, GM Corporate Affairs Giant.

Terdapat beberapa lomba yang dapat diikuti oleh berbagai umur, seperti JPS (Jalan Pungut Sampah) dimana lomba ini mengajak warga untuk jalan sehat sembari pungut dan pilah sampah. Dalam lomba ini, warga yang berkelompok sesuai RT, berjalan ke tiap pos untuk menjawab kuis dan menyanyikan yel-yel grup. Di akhir kegiatan, warga akan diajari belajar memilah sampah yang telah dikumpulkan sepanjang jalan. Ada pula lomba pilah sampah untuk anak-anak yang bertujuan untuk mengedukasi anak mengenai pilah sah sampah dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, terdapat lomba CerKom (Cerita Komposter) yakni lomba yang diadakan untuk para penggunaan komposter menceritaan ulang pengalamannya.

Tidak hanya Lomba, Semarak RW GAUL ini juga diisi dengan lokakarya bagi remaja dan Ibu-Ibu. Lokakarya membuat tas dari kaos bekas serta kerajinan dan mainan dari barang bekas untuk meminimalisisr sisa kain bekas atau sampah lain yang sulit untuk didaur ulang.

RW GAUL merupakan kumpulan Warga GAUL (Giant Aksi Untuk Lingkungan) yang merupakan warga pelopor yang dipilih sebagai warga untuk menyebarluaskan pengetahuan mengenai pengelolaan sampah kepada masyarakat sekitarnya.

Tahun 2018 merupakan tahun kedua program RW GAUL berlangsung, dan warga sudah sampai pada tahapan untuk memulai proses perencanaan sistem tata kelola sampah dengan lebih mendalam. Semua hal tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan hasil dari program RW GAUL kepada masyarakat sekitar, yang juga diharapkan mereka dapat memiliki perspektif baru dan membawa semangat pengelolaan sampah ini ke rumah masing-masing.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.